Pelaku UMKM Mau Bisnisnya Makin Maju? Coba Langkah Ini

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 04 Des 2021 16:30 WIB
Festival kuliner dan kerjinan Ramadhan digelar di Mal Artha Gading, Jakarta. Selain kulineran Anda juga bisa lho berburu kerajinan.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Ada program menarik bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Para pelaku UMKM, khususnya bisa mendapat pelatihan keterampilan usaha agar bisnisnya bisa semakin maju.

Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro mengungkapkan pihaknya menyediakan program Kedai Kreatif sebagai tempat berbagi ide kreatif dan menggali peluang usaha di bidang makanan dan minuman bersama komunitas dan para pelaku bisnis kuliner yang telah berpengalaman.

Para pelaku UMKM akan mendapat pelatihan keterampilan usaha tentang prinsip pemasaran sederhana mencakup product, price, place, dan promotion yang dikaitkan dengan pemasaran digital.

"Kami ingin membantu UMKM agar tetap optimis, bertumbuh, dan berkembang, di tengah situasi saat ini. Program ini diharapkan tidak hanya memciptakan produk kreatif, tapi juga memanfaatkan peluang usaha, dan membangun kesadaran tentang pentingnya keamanan pangan di antara pelaku UMKM," ungkap Andrew melalui siaran pers, Jumat (3/12/2021).

FFI adalah salah satu mitra yang dipilih BPOM untuk menjadi "orang tua angkat" dalam program ini. Guna memajukan UMKM Indonesia, FFI akan bekerja sama dengan komunitas Ibu profesional untuk memberikan edukasi serta peningkatan kapasitas usaha kepada pelaku UMKM di wilayah Jabodetabek dan Provinsi Jawa Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Kementerian Koperasi dan UKM mencatat peran perempuan dalam pertumbuhan UMKM sebagai penggerak, 52,9 persen berasal dari usaha mikro, 50,6 persen dari usaha kecil, dan 34 persen dari usaha menengah.

Wirausaha perempuan di Indonesia mencapai 21 persen, lebih tinggi dibandingkan rata-rata global yang mencapai 8 persen. Adapun bidang makanan dan minuman yang merupakan bidang usaha yang paling diminati oleh pelaku UMKM Perempuan selain kriya dan fesyen.

(fdl/fdl)