Kemenkeu: Indonesia, China, India Leader soal Pertumbuhan Ekonomi di Dunia

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 06 Des 2021 15:31 WIB
Suasana aktivitas bongkar muat di Jakarta International Container Terminal, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018). Aktivitas bongkar muat di pelabuhan tetap jalan di tengah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terpuruk. Begini suasananya.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak pernah berada di bawah perekonomian global dalam 20 tahun terakhir ini. Pertumbuhan ekonomi Tanah Air disebut selalu konsisten.

Kepala BKF Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu mengatakan posisi Indonesia semakin kuat dan semakin strategis. Indonesia masuk ke jajaran 20 negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar, yakni G20.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia itu dalam 20 tahun terakhir tidak pernah di bawah pertumbuhan ekonomi global, selalu kita tumbuhnya di atas pertumbuhan ekonomi global," kata Febrio dalam webinar 'Presidensi G20 - Manfaat Bagi Indonesia dan Dunia', Senin (6/12/2021).

Di jajaran G20, Indonesia disebut berada di posisi ke-16 dengan PDB terbesar di dunia. Selain Indonesia, kata Febrio, ada dua negara lagi yang pertumbuhan ekonominya selalu di atas pertumbuhan ekonomi dunia yakni China dan India.

"Negara besar seperti Amerika, Prancis, Brazil, Jepang itu silih berganti mengalami masalah dengan perekonomiannya. Dalam waktu tertentu pertumbuhannya di bawah pertumbuhan ekonomi global. Jadi Indonesia, China, dan India memang leader untuk pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

"Indonesia dalam 15-20 tahun terakhir kita berada di sekitar 5%, kadang-kadang di atas 6%. Inilah model pertama kita yang jelas dilihat oleh banyak negara dan kita sadar akan keunggulan kita tersebut," tambahnya.



Simak Video "Luhut Klaim Ekonomi RI 2022 Bisa Tumbuh 5%, Asal Covid Terkendali"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)