Siap-siap! RI Mau Kirim TKI Lagi ke Malaysia

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 07 Des 2021 16:08 WIB
Kemnaker
Foto: Siti Fatimah
Jakarta -

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI Ida Fauziyah menerima kunjungan Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia Datuk Seri M. Saravanam di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Jalan Gatot Subroto, Selasa (7/12/2021).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas mengenai kerja sama untuk penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Malaysia. Beberapa sektor yang difokuskan yakni sektor perdagangan, manufaktur, konstruksi hingga pekerja domestik di rumah tangga.

"Kami bersepakat bahwa penempatan PMI domestik ke Malaysia harus dilakukan melalui mekanisme satu kanal atau yang biasa disebut One Channel System sesuai dengan arahan pimpinan kedua negara," kata Ida.

Dia mengatakan, mekanisme tersebut akan mengintegrasikan seluruh proses penempatan mulai dari rekrutmen, penyiapan, keberangkatan, penempatan hingga kepulangan. Hal itu berlaku untuk Kementerian dan Lembaga Indonesia maupun Kementerian dan Lembaga di Malaysia.

Sementara itu, perihal penempatan pekerja rumah tangga, Ida mengatakan akan membatasi jumlah anggota keluarga di tiap-tiap rumah tangga. Artinya, untuk satu PMI domestik hanya diperbolehkan bekerja di rumah tangga dengan maksimal enam orang anggota keluarga.

"Terkait pekerja rumah tangga dengan jabatan baby sitter dan care giver, akan diatur secara spesifik baik tingkat gaji maupun kompetensinya," ujarnya.

Sebagai bagian proses perencanaan, keduanya akan melakukan pembahasan final mengenai MoU Penempatan dan Perlindungan Pekerja Domestik Indonesia sebelum membuka penempatan PMI ke Malaysia. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob pada beberapa waktu lalu.

Adapun pembahasan teknis akan dilakukan pada 14 Desember 2021 di Jakarta dalam forum Technical Working Group untuk menyepakati sejumlah persoalan.

Lanjut halaman berikutnya.