ADVERTISEMENT

Simak! Cara Atur Keuangan biar Terhindar dari Generasi Sandwich

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 07 Des 2021 19:45 WIB
Young unhappy couple arguing about money bills documents at home kitchen, family disputing disagreeing on budget expenses, man and woman quarreling having financial problem with papers and laptop
Foto: iStock
Jakarta -

Generasi sandwich adalah sebutan bagi seseorang yang menanggung atau membiayai kebutuhan keluarganya sekaligus orang tuanya. Tentu sebagai orang tua, tidak ingin membebani mimpi anak dengan harus membiayai kehidupan di masa tua nanti.

Oleh sebab itu, penting untuk diketahui, bagaimana cara mengatur keuangan hingga dapat mencapai masa pensiun yang cukup. Sehingga di masa depan, anak-anak tidak menjadi generasi sandwich.

Private Banker Bank BRI Lisa Imawati Fibrina membagikan beberapa tips cara mengatur keuangan dengan menggunakan pola 4321. Dia mengatakan, kunci mengatur finansial keluarga adalah butuh komitmen yang kuat.

"Pertama butuh komitmen, harus paham supaya bisa alokasi cuan dengan bijak, berdasarkan kebutuhan skala prioritas sehingga tujuan uang tercapai," ujar Lisa dikutip Haibunda, Selasa (7/12/2021).

Lebih lanjut, pola 4321 itu terbagi menjadi beberapa bagian. Pertama adalah mengalokasikan 40% untuk kebutuhan pokok.

Maksudnya, total dari pemasukan bulanan entah itu dari gaji tetap atau bisnis, usahakan 40% nya digunakan untuk kebutuhan wajib. Pos kebutuhan ini terdiri dari uang makan, bensin hingga biaya untuk membayar listrik.

"Setiap rezeki yang kita terima, jangan lupa 40%-nya masuk kantong untuk kebutuhan," katanya.

Apalagi tips selanjutnya? Klik di sini.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT