ADVERTISEMENT

Perusahaan Makanan Olahan Hasil Laut Pede Bisa Lewati Pandemi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 08 Des 2021 15:09 WIB
ilustrasi ikan
Foto: iStock
Jakarta -

Perusahaan makanan olahan makanan laut, PT Kelola Mina Laut Food (KML Food) mengangkat Eko Taufik Wibowo sebagai wakil direktur utama perusahaan. Adanya Eko Taufik diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan bersaing di pasar global, serta menghadapi krisis pandemi.

Berdasarkan keterangan yang diterima detikcom, Rabu (8/12/2021), Eko Taufik yang merupakan bankir alumni Mandiri punya pengalaman malang melintang di perusahaan pelat merah.

Sektor makanan masih menjadi sektor yang menjanjikan di tengah pandemi. Apalagi tahun depan perekonomian diperkirakan jauh lebih baik. Dengan dipilihnya Eko Taufik Wibowo, diharapkan bisa menjadi angin segar bagi KML Food untuk terus mengembangkan makanan olahan laut.

Untuk diketahui, KML Food didirikan sejak Agustus 1994 oleh Alm M Nadjikh tidak hanya fokus pada pengolahan ikan teri nasio (chirimen), tapi juga pada pengolahan ikan dan cepalopoda. Beberapa produk unggulannya adalah kakap merah (scarlet snapper), ikan karang (coral fish), gurita (octopus), tengiri, tuna, ikan air tawar (bandeng, nila) dan aneka ikan lainnya.

Sampai saat ini KML Food juga terus mengembangkan unit pengolahannya yang terdapat di Makasar, Kendari, Sidoarjo, Rembang, Lamongan, Luwuk dan Ambon.

KML Food juga terus melakukan kerja sama dengan mitra binaan lokal di berbagai daerah, seperti Ambon, Tual, Gorontalo, Bitung, Lombok, Flores, Kupang, Dobo, Sorong, Papua dan daerah-daerah berpotensi lainnya. Dari unit usaha ini saja, setidaknya telah berhasil memberdayakan 100.000 nelayan kecil hingga nelayan besar di seluruh Indonesia.

KML juga akan terus mengembangkan unit-unit yang terintegrasi. Beberapa unit yang masih akan terus dikembangkan adalah unit pengolahan udang (shrimp) di Gresik dan Makasar, serta unit pengolahan rajungan (crab) di Gresik. Kedua unit ini juga fokus pada pemberdayaan nelayan tradisional di wilayahnya masing-masing.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT