ADVERTISEMENT

Dibuka Hari Ini, BRILIANPRENEUR 2021 Targetkan Pembeli dari 30 Negara

Erika Dyah - detikFinance
Kamis, 09 Des 2021 13:17 WIB
BRILIANPRENEUR 2021
Foto: Tangkapan Layar
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI resmi membuka gelaran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021. Kegiatan pameran UMKM untuk menembus pasar ekspor yang memasuki tahun ketiganya ini kini menargetkan pembeli (buyer) dari 30 negara.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkap ajang BRILIANPRENEUR yang sudah digelar sejak tahun 2019 menunjukkan perkembangan yang baik dari tahun ke tahun. Baik dari nominal transaksi maupun jumlah negara peserta yang menjadi buyer dari produk UMKM BRILIANPRENEUR.

Ia menjabarkan pada tahun 2019, pihaknya mencatat jumlah pembeli dari luar negeri sebanyak 16 buyer dari 7 negara. Adapun dari total buyer dalam business matching tersebut, BRILIANPRENEUR 2019 mencatat 23 kontrak pembelian dengan total nilai transaksi setara US$ 33,5 juta.

Sementara itu, di gelarannya ada tahun 2020 yang berlangsung virtual karena pandemi, BRILIANPRENEUR 2020 mencatatkan peningkatan jumlah buyer yakni 26 buyer dari 11 negara yang berpartisipasi. Sunarso menyebutkan ke-11 negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Hong Kong, Meksiko, Kanada, Prancis, Italia, Malaysia, Korsel, dan Taiwan.

Adapun jumlah kontrak yang ditandatangani pada BRILIANPRENEUR 2020 naik dari tahun sebelumnya sejumlah 23, menjadi 74 kontrak dengan total nilai setara dengan US$ 57,5 juta.

"Tahun ini rasanya tidak berlebihan jika kami menargetkan akan terjadi business matching dengan lebih dari 105 buyer yang kami harapkan datang dari lebih 30 negara. Kami menginginkan target transaksi minimal US$65 juta," ungkap Sunarso dalam Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 yang berlangsung virtual, Kamis (9/12/2021).

Lebih lanjut, Sunarso menjelaskan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR telah menjadi ajang pameran industri kreatif yang menampilkan karya terbaik UMKM Indonesia dengan tujuan utamanya, yakni memperluas akses UMKM ke pasar global. Melalui gelaran ini, pihaknya berupaya untuk mendorong nasabah UMKM agar bisa menembus pasar ekspor dan go international serta membuat UMKM naik kelas.

Ia menambahkan, BRILIANPRENEUR 2021 yang diadakan full secara virtual akan memunculkan rangkaian event baru untuk memperkaya ragam event yang sudah ada sejak tahun sebelumnya. Selain event yang sudah existing seperti Business Matching, Coaching Clinic, Podcast, dan UMKM Award, Sunarso menyebutkan adanya event-event baru, antara lain Virtual 3D Expo, Virtual Trip Nusantara, Lelang Produk UMKM x Desainer, dan Live Shopping, dan lain sebagainya.

"Selain itu, untuk semakin memperkuat komitmen dalam digitalisasi BRILIANPRENEUR 2021 juga memfasilitasi UMKM terpilih dengan program Go Digital, yang meliputi workshop digital, pelatihan go online, dan kerja sama marketplace.

Sunarso mengatakan BRILIANPRENEUR 2021 juga menjadi wujud komitmen pihaknya dalam meningkatkan social value creation dengan berperan aktif mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas dan kualitas UMKM dan produk UMKM Indonesia, sehingga produk UMKM Indonesia dapat berkompetisi di pasar dalam negeri dan luar negeri.

"Diharapkan dengan gelaran ini pula, UMKM dapat membangun kembali rasa percaya diri untuk kembali tampil di pasar mancanegara dan menguatkan pemasaran di pasar lokal melalui penjualan di platform e-commerce," pungkasnya.

Sebagai informasi, Pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 akan berlangsung dari 9-16 Desember 2021. Pameran ini bisa diakses melalui https://www.brilianpreneur.com/



Simak Video "Tiga Entitas BUMN ini Perdana Bersinergi Di Lampung, Apa Dampak nya Ke Masyarakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT