Mahasiswa RI di Luar Negeri Bisa Magang di BUMN, Ini Daftarnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 09 Des 2021 14:59 WIB
Ilustrasi Alat Kerja
Ilustrasi/Foto: Pixabay
Jakarta -

Pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di luar negeri punya kesempatan magang di BUMN. Hal ini ditandai dengan Kick Off Indonesia Global Talent Internship (IGTI) 2021.

Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar mengatakan, kesempatan magang ini diberikan kepada pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan S1 dan S2 di luar negeri. Selain itu, program ini juga bisa diikuti oleh pelajar yang telah lulus S2 di luar negeri tapi belum bekerja.

"Program Indonesia talent internship adalah inisiatif kolaborasi dari Kementerian BUMN, Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia atau PPID dan FHCI yang memberikan kesempatan magang di BUMN kepada pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan S2 dan S3 ataupun lulusan S2 mancanegara yang saat ini belum bekerja untuk terlibat aktif dalam implementasi proyek strategis di BUMN," katanya seperti disiarkan di Youtube Kementerian BUMN, Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan, program ini bertujuan untuk mengakselerasi pengembangan sumber daya manusia di BUMN. Sehingga, bisa bersaing secara global.

"Program IGTI bertujuan untuk mengakselerasi transformasi human capital BUMN khususnya dalam menjawab tantangan Bapak Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk mengelola talenta-talenta hebat yang dapat membawa negara Indonesia bersaing secara global," katanya.

Pihaknya mengapresiasi 7 BUMN yang terlibat dalam program ini. Tujuh BUMN itu antara lain PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, MIND ID, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PTPN, dan PT Bio Farma (Persero).

"Kami mengapresiasi 7 BUMN yaitu PLN, Pertamina, Telkom, MIND ID, BTN, PTPN dan Bio Farma yang telah memberikan komitmen mendukung program IGTI dengan membuka kesempatan magang di 44 proyek strategis dan mentorship dari jajaran pimpinan di BUMN yang akan dimulai pada awal 2022," terangnya.

Lihat juga Video: Tjahjo Kumolo Ingin Bangun ASN Merdeka yang Bisa Pindah ke BUMN-Swasta

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)