ADVERTISEMENT

Metaverse Bikin Erick Thohir Gelisah: Ada Dunia Baru Tercipta!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 09 Des 2021 17:56 WIB
Menteri BUMN RI Erick Thohir dan Komisi VI DPR menggelar rapat kerja membahas pelaksanaan pembelian Vaksin COVID-19.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Ada hal yang membuat Menteri BUMN Erick Thohir ketakutan. Hal itu ia ungkap ketika bicara mengenai blockchain dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Bahkan, hal itu ia diskusikan dengan menteri lain sampai dini hari. Hal yang menakutkan itu ialah metaverse, di mana ada dunia baru tercipta.

Filosofinya, lanjut Erick, juga terkait desentralisasi keuangan di mana kripto menjadi sistem pembayaran.

"Saya liat ini blockchain AI ini lebih serem lagi, saya 3 hari yang lalu diskusi sampai jam 1 pagi sama salah satu mas menteri sama salah satu bekas menteri mengenai metaverse di mana ada dunia baru tercipta, filosofinya juga desentralisasi keuangan, yang payment-nya bitcoin criptocurrency, sistemnya NFT. Nanti kalau saya jelasin 2 hari," katanya dalam acara Kick Off Indonesia Global Talent Internship (IGTI) 2021, Rabu (9/12/2021).

Dunia yang baru ini adalah nyata. Tak hanya itu, Erick Thohir juga bicara soal berbagai perusahaan digital yang bakal meluncurkan drone dan ditempatkan di mana-mana.

"Tapi ini ada dunia lain, jadi bukan dunia lain di TV-TV, ini dunia lain beneran di mana Google Facebook akan ngeluncurin drone-drone ditaruh di sekeliling dunia bukan satelit lagi. Kita siap nggak? Ini akan menjadi disrupsi terbesar dalam humankind," ujarnya.

Lihat juga video 'Erick Thohir Bakal Benahi Dana Pensiun BUMN yang Jadi Lahan Korupsi':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT