Heboh PHK Massal 900 Karyawan Lewat Zoom: Bos-Karyawan Buka Suara

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 10 Des 2021 05:45 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Viralnya perusahaan Better.com PHK massal 900 karyawannya berujung permintaan maaf dari CEO Better.com, Vishal Garg. Karyawan yang terkena PHK juga ikut angkat bicara.

Permintaan maaf Garg ditulis dalam sebuah surat. Ia mengaku menyesal dan merasa hal itu membuat situasi perusahaan makin buruk.

"Saya gagal menunjukkan rasa hormat dan penghargaan yang sesuai untuk individu yang terkena dampak dan kontribusi mereka untuk Better," bunyi surat itu, dikutip dari CNN, Kamis (9/11/2021).

Ia menjelaskan memang dirinya ingin melakukan PHK. Namun, pemecatan yang dilakukan melalui Zoom itu diakui merupakan kesalahan eksekusi.

"Saya memiliki keputusan untuk melakukan PHK, tetapi dalam mengkomunikasikannya, saya melakukan kesalahan eksekusi. Melakukannya, aku mempermalukanmu," lanjutnya.

Tidak hanya itu, salah satu karyawan yang mengalami pemecatan massal itu ikut angkat bicara. Karyawan bernama Christian Chapman mengaku terkejut dengan kata-kata yang dikeluarkan oleh bosnya saat mengundang karyawannya lewat Zoom.

Ia tidak menyangka panggilan itu untuk memecat karyawan. Menurutnya dia tak pernah melihat cara kejam mem-PHK seperti itu.

"Saya benar-benar merasa itu sakit di dalam. Saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya. Rasanya seperti saya ditendang di perut, dan saya tidak tahu harus berbuat apa," kata dia dikutip dari CBC.

"Saya sudah berada di industri hipotek selama 20 tahun dan itu mengejutkan saya. Saya belum pernah melihat PHK ditangani seperti itu," tambahnya.

Lanjut halaman berikutnya.