ADVERTISEMENT

Sri Mulyani Duduk Bareng Menkeu Italia-India Bahas 'Kesembuhan' Ekonomi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 10 Des 2021 09:43 WIB
Presidensi G20 di Bali
Foto: Dok. Bank Indonesia
Badung -

Finance and Central Bank Deputies Meetings (FCBD) G20 sudah digelar sejak 9 Desember 2021. Rangkaian agenda forum G20 ini mempertemukan beberapa tokoh-tokoh penting dunia di sektor keuangan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Keuangan dan Ekonomi Italia Danielle Franco serta Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman membahas perkembangan ekonomi dunia.

Dalam seminar tingkat tinggi itu disebutkan untuk memulihkan ekonomi global, seimbang dan inklusif harus dilakukan secara bersama-sama dan berkesinambungan.

Franco mengungkapkan, saat ini kinerja ekonomi global memang sudah mulai menguat, tapi diikuti dengan naiknya inflasi sehingga membuat kebijakan akan lebih ketat. Namun kondisi ini juga bisa membuat pemulihan ekonomi agak tersendat.

"Varian baru Omicron ini menimbulkan ketidakpastian. Kami mengapresiasi Indonesia yang menjadi Presidensi G20 dan mengusung tema 'Recover Together, Recover Stronger," jelas dia, dikutip Jumat (10/12/2021).

Menurut Franco, saat ini masih ada masalah yaitu tersendatnya distribusi vaksin COVID-19 ke berbagai negara. Padahal vaksinasi merupakan penentu pemulihan ekonomi dunia. "Gangguan pada pendistribusian vaksin ini bisa membuat kesehatan terganggu dan ekonomi pulih tapi tak merata," jelas dia.

Menteri Keuangan India bicara solidaritas buat pulihkan ekonomi. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT