Kemendag Lepas Ekspor Gula Kelapa Rp 16 Miliar ke Spanyol

Atta Kharisma - detikFinance
Senin, 13 Des 2021 23:28 WIB
Kemendag Lepas Ekspor Gula Senilai Rp 16 Miliar ke Spanyol
Foto: Kemendag
Jakarta -

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi melepas ekspor gula kelapa asal Banyumas senilai 1 juta Euro atau setara Rp 16 miliar ke Spanyol secara hibrida pada hari Senin di Banyumas, Jawa Tengah. Pelepasan ekspor yang difasilitasi Atase Perdagangan Madrid ini dilakukan oleh CV Realsa Natural Indonesia bekerja sama dengan perusahaan Four Trade BV dari Spanyol.

Acara pelepasan ekspor tersebut turut dihadiri Duta Besar RI untuk Spanyol Muhammad Najib, Duta Besar RI untuk Belgia merangkap Luksemburg dan Uni Eropa Andri Hadi, Atase Perdagangan Madrid Novita Sari, Atase Perdagangan Belanda Sabbat Sirait, serta CEO Four Trade BV Fahad Attamimi dan perwakilan dari CV Realsa Natural Indonesia.

"Saya mengapresiasi upaya pelaku usaha Indonesia dan Atase Perdagangan Indonesia Madrid yang sudah membuka akses pasar bagi produk Indonesia secara langsung ke pasar Spanyol. Saya berharap pelepasan ekspor kali ini dapat menjadi preseden untuk terus meningkatkan ekspor Indonesia ke Spanyol tidak hanya untuk produk gula kelapa saja," ujar Didi dalam keterangan tertulis, Senin (13/12/2021).

Didi menjelaskan ekspor gula kelapa asal Banyumas ke Spanyol ini direncanakan akan terus berkelanjutan dengan jumlah pemesanan sebanyak 24 kontainer per tahun. Produk gula kelapa ini nantinya akan dipasarkan oleh salah satu perusahaan ritel terbesar yang memiliki lebih dari 6.000 cabang di seluruh Spanyol.

"Kami berharap nilai dan jumlah pemesanan akan terus meningkat seiring dengan semakin tingginya permintaan konsumen di Spanyol nantinya. Selain itu, kami menghimbau para pelaku usaha agar tetap menjaga kualitas dan terus meningkatkan daya saing karena peluang peningkatan ekspor sudah terbuka lebar. Para pelaku usaha juga harus terus berupaya memenangkan kepercayaan konsumen Spanyol," ujarnya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik