Nike Beli Perusahaan Sepatu Sneakers Virtual

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 08:57 WIB
Nike
Nike
Jakarta -

Perusahaan sepatu ternama dunia, Nike, Inc mengakuisisi startup sepatu sneakers virtual. Kesepakatan ini menandakan mode fesyen virtual dan token digital NFT makin populer di tahun 2022.

Presiden dan CEO Nike John Donahoe mengatakan kesepakatan itu akan mempercepat transformasi digital Nike. Kemudian diharapkan perusahaan bisa melayani inovasi desain produk dari desainer hingga atlet.

"Kami memperoleh tim pembuat konten yang sangat berbakat dengan merek yang otentik dan terhubung. Rencana kami adalah berinvestasi dalam merek RTFKT, melayani dan mengembangkan komunitas inovatif dan kreatif mereka, serta memperluas jejak dan kemampuan digital Nike," katanya dikutip dari Forbes, Rabu (15/12/2021).

Nike memang tengah gencar menjajaki dunia virtual atau digitalisasinya. September lalu, Nike membangun Nikeland dan ruang pamer virtual di dalam game populer Roblox.

Nike tidak sendirian, Adidas juga telah menjajaki dunia bisnis virtual dengan berbagai macam kemitraan. Misal, pada November lalu Adidas teken kerja sama dengan platform kripto Coinbase dan The Sandbox. Lalu, baru bulan akhirnya menjajaki NFT melalui kemitraannya dengan beberapa penyedia NFT Bored Ape Yacht Club, Punks Comic, dan Gmoney.

RTFKT sendiri baru didirikan pada 2019 dan fokus merilis desain sepatu sneakers virtual. Pada era serba virtual inilah akhirnya RTFKT makin populer, baik di kalangan pecinta Web3 dan sneakers.

RTFKT makin populer lagi sejak NFT booming. Pada Februari saja, saat merilis desain sepatu sneaker virtual berkolaborasi dengan artis Fewocious, pembelian perusahaan mencapai US$ 3 juta atau setara Rp 42,9 miliar. Penghasilan itu dari penjualan 600 pasang sepatu virtual.