111 Pulau Terluar Disertifikasi, KKP: Agar Tak Dibeli Asing

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 17 Des 2021 17:31 WIB
Puncak mercusuar di Pulau Miangas bisa dibilang merupakan pijakan tertinggi di pulau terluar paling utara Indonesia. Begini penampakannya.
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkap RI memiliki 111 pulau terkecil dan terluar. Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut menargetkan untuk mensertifikatkan pulau tersebut agar tidak dibeli orang asing.

Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Muh. Yusuf menjelaskan, mensertifikatkan pulau-pulau tersebut sejalan dengan tugas pemerintah dalam memberikan kesejahteraan masyarakat pulau, pertahanan dan keamanan serta kelestarian lingkungan.

"KKP dalam menjaga eksistensi pulau terkecil dan terluar itu dengan mensertifikatkan. Sudah ada 47 pulau yang disertifikatkan dan ada 57 sertifikat yang telah di terbitkan ATR BPN, berbeda karena dalam satu pulau ada lebih dari satu tanah yang menjadi miliki penduduk setempat. Hal ini dilakukan negara agar tidak dibeli orang lain atau orang asing," jelasnya dalam konferensi pers, Jumat (17/12/2021).

Ia mengaku masih ada kendala dalam mensertifikasi pulau terkecil dan terluar itu. Kendalanya pada pulau-pulau yang statusnya adalah kawasan hutan, sekitar 25 pulau.

Pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), untuk memastikan apakah hak kepemilikan negara terhadap pulau lebih kuat status kawasan hutan atau hak sertifikat

"Ada 25 pulau yang statusnya kawasan hutan, kami terhambat melakukan sertifikasi yang memang statusnya bukan kewenangan Kementerian ATR BPN dan Kementerian LHK. Kami sedang duduk bareng soal itu. Kita harap 111 ini bisa selesai," tutupnya.

(eds/eds)