Boeing Mau Buat Pesawat Virtual di Dunia Metaverse, Maksudnya Gimana?

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 20 Des 2021 14:25 WIB
Pabrik Boeing San Antonio
Boeing
Jakarta -

Produsen pesawat, Boeing berencana membuat pesawat virtual. Pesawat itu akan ada di ruang virtual, Metaverse.

Dikutip dari Reuters, Senin (20/12/2021) Rencana ini menjadi proyek strategis baru dari Boeing dalam mendesain, memproduksi dan melayani penerbangan di ekosistem digital. Perusahaan berharap proyek ini bisa dibangun dalam 2 tahun ke depan.

Boeing menginvestasikan dana sebesar US$ 15 miliar atau setara Rp 214 triliun untuk proyek pesawat di metaverse ini. Pesawat dalam bentuk 3D itu akan dihubungkan dengan headset HoloLens, buatan Microsoft yang harga mencapai US$ 3.500 atau setara Rp 50 juta (kurs Rp 14.300).

Bagi Boeing, menggarap pesawat virtual bisa menjadi penyegar perusahaan di tengah berbagai masalah yang ada. Masalah pertama yakni dikandanginnya pesawat Boeing 737 Max. Hal itu terjadi usai pesawat itu mengalami kecelakaan dua kali.

Masalah kedua, mencegah masalah manufaktur seperti cacat struktural yang dialami oleh pesawat Boeing tipe 787 dreamliner-nya selama setahun terakhir.

Tidak hanya Boeing, produsen pesawat lainnya juga memiliki rencana serupa. CEO Airbus Guillaume Faury mengatakan saat ini sudah memiliki rencana baru untuk membuat pesawat virtual. Perusahaan berencana menggunakan sistem produksi baru dan mengutilisasi penggunaan data untuk memperkuat sistem industrial perusahaan.

Selain Boeing dan Airbus, perusahaan lain khususnya perusahaan teknologi juga terus merevolusi ekosistem digitalnya. Misal seperti Ford Motor Co (FN) dan Facebook (Meta) yang kini sudah mengalihkan pekerjaan dan bermain secara virtual atau disebut di dunia metaverse.

(fdl/fdl)