Laris Manis, Penjualan Hampers di Toko Online Naik 3 Kali Lipat

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 14:18 WIB
hampers natal 2021
Foto: Dok. Brand
Jakarta -

Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), ternyata pesanan untuk bingkisan atau hampers sudah mulai meningkat signifikan. Pengiriman hampers masih dipilih karena pandemi COVID-19 masih menghantui dengan munculnya varian baru.

Peningkatan pembelian hampers salah satunya terjadi di toko online, Tokopedia. External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan data transaksi hampers jelang Nataru ini meningkat hingga 3 kali lipat.

"Tren belanja hampers online yang dilakukan masyarakat Indonesia berpengaruh terhadap peningkatan transaksi hampers di Tokopedia yang naik hampir 3 kali lipat menjelang Nataru 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya," tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Ekhel menjelaskan, transaksi hampers yang paling banyak saat ini adalah cokelat. Transaksi hampers untuk produk coklat naik hampir 2 kali lipat.

"Hampers, kartu ucapan serta cokelat menjadi beberapa produk favorit menjelang Nataru tahun ini. Kami mencatat kenaikan transaksi hampir 2 kali lipat pada produk cokelat menjelang Nataru tahun ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," tambahnya.

Selain itu, data internal Tokopedia menunjukkan masyarakat masih gemar mengirimkan kartu ucapan kepada keluarga dan kerabat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah transaksi produk kartu ucapan hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Di sisi lain, Tokopedia juga menyediakan berbagai inisiatif yang dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk menjelang Nataru.

"Tokopedia NOW! membantu masyarakat memenuhi kebutuhan produk harian termasuk produk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan dan lainnya, dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran," jelas Ekhel.

Ada juga Tokopedia Nyam, dimana Tokopedia menggencarkan kolaborasi dengan pegiat usaha lokal makanan dan minuman. Kampanye ini juga ditujukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah dan efisien.

(das/das)