Pensiun dari Atlet Bulu Tangkis, Susi Susanti Ternyata Sibuk Bisnis

ADVERTISEMENT

Pensiun dari Atlet Bulu Tangkis, Susi Susanti Ternyata Sibuk Bisnis

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 22 Des 2021 16:13 WIB
Lagenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti berlari sambil membawa obor Asian Games 2018 saat prosesi Torch Relay Asian Games 2018 di lautan pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (21/7).  Selanjutnya pawai obor Asian Games tersebut akan dibawa ke  Banyuwangi, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/pd/18
Foto: Zabur Karuru/Antara Foto
Jakarta -

Susi Susanti dikenal sebagai mantan atlet pebulu tangkis dengan segudang prestasi. Berkat prestasinya, dirinya pernah mendapatkan tanda kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama pada 1992.

Setelah gantung raket pada 1998 silam, tidak banyak yang tahu kehidupan tentang Susi Susianti. Di samping menjadi ibu rumah tangga dan pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Susi Susanti rupanya juga sibuk menggeluti bisnis.

"Kesibukan saya hari-hari memang aktifnya adalah mengurus keluarga, lalu juga mengurus usaha, tentunya juga saya masih tetap berkontribusi membantu pebulu tangkisan Indonesia," kata Susi Susanti dalam Talkshow Hari Ibu 2021, Rabu (22/12/2021).

Bersama suaminya, Alan Budikusuma, Susi Susanti mengembangkan sebuah brand raket dan perlengkapan olahraga lainnya yang bernama Astec. Nama itu merupakan singkatan dari Alan-Susi Technology yang sudah dipasarkan sejak 2002.

Susi Susanti pun menceritakan awal mula transformasinya dari seorang atlet menjadi pengusaha. Meski namanya cukup dikenal, dia mengakui tidak mudah untuk memasarkan produknya itu.

"Pernah jadi rekanan, lalu jadi agent alat olahraga, distribusi makanan, akhirnya kita memutuskan di bidang olahraga membuat brand Astec di dunia olahraga yang pernah kita alami sebagai atlet, tapi kita meneruskan di bisnisnya," tuturnya.

"Sempat saya dan Mas Alan ke pasar pagi untuk menitipkan barang. Sebagai brand baru orang juga tidak gampang (beli) meskipun kita titip jual, tapi kita lakukan ini karena saya percaya ini adalah perjuangan awal saya sebagai seorang pengusaha," tambahnya.

Meski namanya sukses menjadi atlet pebulu tangkis dan pengusaha, Susi Susanti tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan yakni menjadi seorang istri dan ibu tiga orang anak. Menurutnya, kedua peran itu harus dijalankan dengan sepenuh hati karena juga merupakan sebuah kebanggaan.

"Istri bagi saya adalah seorang pendamping suaminya, partner suaminya yang tentunya sebagai penyemangat suami, memberikan ide juga. Jadi kerja sama dalam rumah tangga sangat penting sekali untuk menjaga hubungan. Sedangkan sebagai ibu, saya ingin memberikan pendampingan bagi anak-anak agar mereka bisa mandiri dan menjadi seseorang yang bisa memberikan prestasi yang baik," imbuhnya.

Tonton juga Video: Film Biopik Susi Susanti Curi Perhatian di Festival Internasional

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT