Ini 3 UMKM Pemenang Top Deals in Business Matching BRILIANPRENEUR 2021

Erika Dyah - detikFinance
Rabu, 22 Des 2021 16:16 WIB
BRILIANPRENEUR
Foto: Dok. BRI
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengumumkan 3 UMKM yang menjadi pemenang kategori Top Deals in Business Matching dalam gelaran BRILIANPRENEUR 2021. Ketiga UMKM yang terpilih merupakan para pengusaha yang bergerak di bidang kuliner.

Diketahui, kategori Top Deals in Business Matching merupakan sebuah apresiasi yang diberikan kepada UMKM dengan transaksi potensial dealing tertinggi pada saat business matching BRILIANPRENEUR yang berlangsung pada 13-15 Desember 2021.

Di hari terakhir penyelenggaraan BRILIANPRENEUR 2021 pada Kamis (16/12), BRI mengungkap ketiga pemenang dalam kategori ini, yaitu Juara 1 diraih oleh CV Inovasi Gemilang @yammy_babeh mendapat Tabungan BRI BritAma Rp 50 juta.

Sementara untuk Juara 2, diraih oleh Bunga Palm @bungapalmsugar yang mendapat Tabungan BRI BritAma Rp 30 juta, dan Juara 3 diraih oleh Cokelatin Indonesia @cokelat_in yang mendapat Tabungan BRI BritAma sebesar Rp 20 juta.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto mengungkap transaksi business matching pada acara ini juga meningkat dibandingkan tahun lalu. Bahkan, menurutnya nilainya melebihi target yang ditetapkan.

"Sebanyak 110 buyers yang berasal dari 31 negara dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia, berhasil menandatangani commitment deal bersama 163 UMKM dengan nilai transaksi mencapai US$72,13 juta. Angka tersebut melampaui target sebesar US$65 juta," jelas Amam dalam keterangan tertulis, Rabu (22/12/2021).

Amam pun menilai pencapaian ini menjadi momentum bagi UMKM Indonesia untuk survive, bangkit, dan bertransformasi dalam menjawab tantangan yang ada.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pada acara business matching, pihaknya berfokus pada UMKM yang belum pernah mengekspor produknya. Menurutnya, hal ini dilakukan agar para UMKM dapat merambah peluang pasar dan mendapatkan kontrak ekspor.

"Banyak manfaat yang diperoleh UMKM dalam kegiatan ini, seperti kurasi yang bertujuan untuk memastikan kualitas produk UMKM tetap terjaga. Selain itu, terdapat pelatihan marketing online sehingga pelaku usaha mendapatkan pengetahuan baru terkait pemasaran di marketplace," pungkasnya.



Simak Video "Tiga Entitas BUMN ini Perdana Bersinergi Di Lampung, Apa Dampak nya Ke Masyarakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)