Puluhan UMKM Lepas Ekspor Rp 79,7 M, Minyak Sawit Sampai Sepeda

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 23 Des 2021 15:37 WIB
Bank Indonesia (BI) memprediksi neraca pembayaran Maret 2014 surplus pada kisaran US$ 500 juta. Surplus ini didorong peningkatan ekspor non migas, yang telah terjadi beberapa bulan terakhir.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kementerian Perdagangan hari ini melepas ekspor senilai US$ 2,44 miliar atau setara Rp 35,03 triliun dari 278 perusahaan. Sebanyak 54 di antaranya atau 19% merupakan kategori UMKM yang melepas ekspor Rp 79,7 miliar.

"Kategori UMKM dengan nilai ekspor US$ 5,56 atau Rp 79,7 miliar. Sebesar 81% atau 224 perusahaan berkategori non UKM dengan total ekspor mencapai US$ 2,43 miliar atau setara Rp 34,9 triliun," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi dalam acara Pelepasan Ekspor Akhir Tahun 2021 Oleh Menteri Perdagangan, Kamis (23/12/2021).

Adapun kategori produk yang diekspor oleh segmen UMKM yakni, produk perikanan dan kelautan, furniture, kerajinan dan dekorasi rumah, makanan olahan, rempah-rempah, serta tekstil dan produk tekstil.

Sedangkan ragam produk non-UMKM antara lain batu bara, otomotif, minyak sawit, produk perikanan dan kelautan, tekstil dan produk tekstil (TPT), produk kimia, sepeda dan sebagainya.

"Karet dan produk karet, makanan-minuman olahan, furniture, mebel, kerajinan, besi baja, hasil perkebunan, minyak atsiri, kayu dan produk kayu, alas kaki, keramik, pipa, serta timah," lanjutnya.

Pelepasan ekspor ini ke 58 negara dan 87% didominasi ke pasar tradisional. Sementara 13% tujuan ekspor ke negara non tradisional. "13% ke negara non-tradisional seperti, Polandia, Kolombia, Pakistan, Kamboja, Afrika Selatan, Meksiko, Maladewa, dan Oceania," ucapnya.

"Pelepasan ekspor ini bekerja sama dengan pelaku usaha dan pemerintah daerah di 26 Provinsi," imbuhnya.

Adapun provinsi tersebut yaitu Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Lihat juga Video: Pedagang UMKM Blora Deg-degan Jokowi Beli Jaket Bermotif Garuda

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)