Ratusan Nelayan Dapat Sertifikat Keselamatan, Apa Fungsinya?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 24 Des 2021 15:44 WIB
Ratusan Pelaut Dapat Sertifikat dari Kemenhub
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu pada 22 Desember 2021, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyerahkan Sertifikat Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST KLM).

Selain pemberian sertifikat ini, Kemenhub juga memberikan sejumlah jaket keselamatan (life jacket) secara gratis kepada para nelayan dan pekerja laut tradisional sekitar guna mendukung keselamatan di laut.

Adapun kegiatan penyerahan sertifikat BST dan bagi-bagi jaket keselamatan ini diadakan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Lampung.

Kepala Kantor KSOP Kelas I Panjang, Hendri Ginting menyampaikan bahwa kegiatan ini ini sejalan dengan upaya yang dilakukan pemerintah, khususnya dalam mengatasi pengangguran dengan memberikan pelatihan prakerja.

"Pemerintah berharap dengan meningkatnya kompetensi dan kemampuan masyarakat, nantinya dapat memberikan kontribusi yang luas terhadap program pemerintah dalam mewujudkan keselamatan pelayaran di Provinsi Lampung serta mendukung terciptanya Indonesia sebagai poros maritim dunia" ujar Hendri.

Seperti diketahui, Provinsi Lampung terutama di wilayah pesisir sangat banyak potensi kelautan yang ada, baik dari sisi wisata maupun sumber daya alam (SDA) berupa ikan. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk melaut.

Dengan demikian, peningkatan keterampilan dan keahlian bidang kepelautan sangatlah dibutuhkan agar masyarakat dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan di bidang kepelautan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan serta meningkatkan taraf hidup setelah bekerja nantinya.

Selain itu kegiatan tersebut dirasa juga dapat membudayakan dan meningkatkan keselamatan transportasi sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dalam bertransportasi.

(ara/ara)