Gading Marten: BRI Bantu Teman-teman UMKM Go Modern hingga Go Global

Inkana Putri - detikFinance
Jumat, 24 Des 2021 18:55 WIB
BRI
Foto: BRI
Jakarta -

Pesohor Tanah Air Gading Marten memuji PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui layanan digital. Menurutnya, langkah tersebut sangat membantu para pelaku UMKM dikenal lebih luas oleh stakeholder.

Dalam Podcast UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021: Pucuk Dicinta Konten Disuka di YouTube Bank BRI, Gading menyebut di era yang serba online dan go digital seperti sekarang, konten digital memiliki potensi yang sangat besar yang harus dimanfaatkan.

Dia pun mendorong para UMKM saat ini bisa memanfaatkan platform digital untuk menciptakan konten yang dapat menunjang bisnisnya. Terlebih saat ini ada BRILIANPRENEUR yang dapat membantu para UMKM soal permodalan.

"Peluangnya gede banget, maksudnya semua bisa mulai dari hal kecil. Sekarang semua orang punya handphone, nggak perlu pakai kamera mahal yang penting idenya, bikin sesuatu yang fresh dan baru," ujarnya dikutip di YouTube BRI.

Lebih lanjut, Gading menilai pelaku UMKM di era digital kini bisa juga bisa lebih mudah untuk mendapatkan permodalan hingga bimbingan. Hal ini dikarenakan ada instansi yang membekingi agar para UMKM tersebut bisa maju.

"Udah dari 2019 kan BRI ada BRILIANPRENEUR. Jadi, BRI membantu temen-temen UMKM karena BRI melihat kita bukan harus bergerak di lokal aja, tapi kan BRI ingin bantu untuk go modern, go global, go online," lanjutnya.

Melalui BRILIANPRENEUR, Gading mengatakan para UMKM juga bisa memperoleh edukasi. Tak hanya itu, mereka juga bisa melakukan konsultasi terkait bisnis yang ingin dijalankan.

"Temen-temen bisa konsultasi langsung dan dapat bantuan modal juga. Karena kadang kita dapet modal doang, tapi kita nggak tau mau diapain, nah silakan konsultasi," ungkapnya.

Sebagai informasi, sejak tahun 2019, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR telah menjadi acara tahunan yang digelar BRI sebagai ajang pameran industri kreatif yang menampilkan karya UMKM terbaik Indonesia. Tak hanya itu, event ini juga bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam gerakan #BANGGABUATANINDONESIA.

Selain memberikan pendampingan, melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, BRI juga ikut mencarikan calon pembeli dari luar negeri. Di tahun 2021, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR berhasil mempertemukan 163 UMKM dengan 110 buyers dari 31 negara, seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Australia.

Adapun untuk nilai transaksi produk pada tahun ini telah mencapai US$72,13 juta, atau naik 161% dibandingkan nilai transaksi tahun lalu. Angka tersebut juga melampaui target sebesar US$65 juta. Meski demikian, jumlah transaksi pembelian produk UMKM ini masih dapat terus meningkat, mengingat penjualan masih berlangsung hingga 31 Desember 2021.



Simak Video "Holding Ultra Mikro Bisa Jadi Lokomotif Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/dna)