Jelang Tutup Tahun, Penerimaan Pajak Sentuh 98,91%

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 26 Des 2021 19:19 WIB
Infografis gaji + tukin Ditjen Pajak
Ilustrasi Penerimaan Pajak (Foto: Infografis detikcom/Denny Putra)
Jakarta -

Pemerintah hampir merealisasikan 100% penerimaan pajak jelang berakhirnya tahun 2021. Hal itu tergambar dari cuitan akun Twitter @DitjenPajakRI.

"98,91 persen. 26/12/2021. 06:51 WIB," tulis Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan dikutip detikcom, Minggu (26/12/2021).

Hal itu mengindikasikan bahwa penerimaan pajak hingga hari ini hampir 99% atau mendekati target yang telah ditetapkan di dalam APBN 2021 sebesar Rp1.299,6 triliun.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Neilmaldrin Noor mengatakan ada 112 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di seluruh Indonesia yang telah mencapai target penerimaan.

"Sejumlah 112 KPP di seluruh wilayah Indonesia telah berhasil mencapai target penerimaan lebih dari 100% dari target yang telah ditetapkan di masing-masing KPP," ujar Neimaldrin.

Beberapa KPP yang telah mencapai target lebih dari 100% di antaranya adalah KPP Pratama Gianyar Bali, KPP Madya Tangerang, KPP Pratama Jakarta Gambir 1 dan 2, KPP Pratama Jakarta Menteng 1--3, KPP Pratama Jakarta Tanah Abang 1 dan 2, serta KPP Pratama Jakarta Kelapa Gading.

Kemudian ada juga KPP Pratama Bandung Bojonagara, KPP Pratama Bekasi Barat, KPP Pratama Surabaya Gubeng, KPP Pratama Blitar, KPP Pratama Pasuruan, KPP Pratama Palangkaraya, KPP Pratama Poso, dan KPP Pratam Medan Ponia.

Di sisi lain, Neil menyatakan ada lima kantor wilayah yang berhasil meraih lebih dari 100% target penerimaan pajak.

Kelima kantor wilayah tersebut adalah Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan I, Kantor Wilayah DJP Jakarta Khusus, Kantor Wilayah DJP Wajib Pajak Besar, Kantor Wilayah DJP Sulut Tenggo dan Malut, serta Kantor Wilayah DJP Jakarta Utara.

"Kami mengharapkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat agar DJP dapat mencapai target penerimaan pajak nasional sesuai yang telah ditetapkan," pungkasnya.

(aid/dna)