detikcom Beri Modal Rp 10 Juta untuk Bisnis Suami, Bisa Buat Usaha Apa Aja?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 27 Des 2021 17:52 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Beralih jadi pengusaha bisa saja menjadi resolusi banyak orang tahun depan. Tapi sebelum itu, modal jadi hal pertama yang harus disiapkan.

Jangan bingung cari modal! Para istri bisa membantu suaminya mendapatkan modal usaha, lewat program "Modal Usaha untuk Suami" dari detikFinance!

Ada modal usaha Rp 10 juta yang disiapkan buat yang beruntung. Tapi, dengan modal Rp 10 juta bisa jadi usaha apa aja sih? Simak ulasannya di bawah ini, siapa tahu bisa jadi inspirasi.

1. Jasa Digital Marketing
Menurut perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menyediakan jasa digital marketing bisa jadi usaha yang menjanjikan tahun depan. Pasalnya, pemasaran digital saat ini makin 'booming' di kalangan pengusaha UMKM.

"Tahun depan yang saya perhatiin yang booming itu ada jasa digital marketing. Kan banyak orang usaha buka usaha mau kembangin sosmed atau websitenya," kata Andy kepada detikcom, Senin (27/12/2021).

Menurutnya, modal Rp 10 juta sudah sangat cukup untuk memulai usaha yang satu ini. Ilmunya sudah banyak bisa dipelajari di internet. Modal kemungkinan hanya untuk membeli alat penunjang pekerjaan seperti handphone atau laptop. Kalaupun alat sudah ada modal Rp 10 juta cuma bakal dipakai untuk membeli kuota internet saja.

"Modal sangat kecil, modal di bawah Rp 10 juta sudah sangat cukup, keterampilannya bisa dicari dari internet. Mungkin modal buat alat aja, misal beli laptop atau handphone untuk mendukung, itu kan di bawah 10 juta aja banyak. Minim-minimmnya kan kita cuma beli kuota lebih aja," ungkap Andy.

Menurutnya, jasa ini sangat cocok untuk ditawarkan kepada beberapa pelaku usaha UMKM. Bisa saja berikan penawaran paket website dan pengelolaan media sosial.

2. Bisnis Franchise
Menurut Andy, membuka franchise atau waralaba juga tetap menjanjikan. Paling laku menurutnya waralaba makanan atau minuman kekinian, misalnya waralaba minuman kopi atau boba. Bisnisnya sudah ada, produknya sudah ada, tinggal urusan jual menjual saja.

Hanya saja memang dengan modal Rp 10 juta jangan harap bisa mendapatkan waralaba besar dengan toko. Modal segitu mungkin hanya cukup untuk waralaba yang menawarkan stand saja.

"Kalau modal Rp 10 juta mungkin bisa-bisa aja, cuma kita mungkin ngga bisa berharap dapat franchise-nya satu ruko gitu. Mungkin cuma dapat satu stand, satu meja gitu aja sih, ya tinggal pintar-pintar cari tempat yang bagus dan ramai aja pasti banyak yang beli," ungkap Andy.

Dalam memilih perusahaan yang menawarkan franchise, Andy menekankan agar kerja sama dilakukan dengan perusahaan yang sudah terbentuk minimal 3 tahun. Hal ini untuk membuktikan manajemen franchise sudah bagus dan produknya bukan musiman.

"Untuk bisnis franchise ini yang harus diperhatikan adalah sebisa mungkin cari penawaran franchise dari perusahaan yang sudah berdiri lama, paling tidak 3 tahun, ini untuk mengetes kalau manajemen dia bagus. Saat kita join sama mereka pun kita diurus sama mereka," kata Andy.

"Ini juga membuktikan apa yang dijual bukan musiman aja, dagangan akan tetap laku," ujarnya.



Simak Video "Dear UMKM! Jangan Gunakan Pinjol Ilegal Buat Bisnis"
[Gambas:Video 20detik]