Bagaimana Sandiaga Maksimalkan TKDN untuk Kebut Pemulihan Ekonomi

Elsa Azzahra - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 12:21 WIB
Alata Sanitasi Udara Made In RI
Foto: Alata Sanitasi Udara Made In RI (Istimewa)
Jakarta -

Pandemi telah mebuat cara hidup masyarakat berubah total. Dari mulai peralihan banyak layanan dan transaksi manual ke digital hingga peningkatan dan penyediaan fasilitas penunjang kesehatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, adaptasi kebiasaan baru jadi satu-satunya cara untuk mempercepat pemulihan ekonomi di era new normal pasca pandemi.

Namun, ada hal yang menjadi sorotan. Adaptasi new normal saja tak cukup. Butuh keberpihakan pemerintah untuk mendorong pemanfaatan produk-produk dalam negeri agar upaya pemulihan ekonomi bisa sekaligus mendorong peningkatan industri dalam negeri.

Salah satu strateginya yakni menggandeng inovasi anak bangsa untuk menghasilkan produk buatan dalam negeri guna meminimalisir penularan COVID-19.

Sandiaga menerima secara simbolis mesin Zerocov (Zero COVID) atau alat sanitasi udara yang bisa membasmi virus, kuman dan bakteri di udara maupun di permukaan benda dalam ruangan.

Dalam acara ini, hadir pula oleh Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis, Henky Manurung, Inisiator Zerocov dan Mantan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro; Inventor Zerocov Inovasi Indonesia, Wirawan Darmana; Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi BRIN, Dr. Agus Haryono, M.Eng; Kepala Pusat Riset Elektronika dan Telekomunikasi BRIN, Dr. Eng. Budi Prawara; Wakil Ketua Umum KADIN, Triawan Munaf; Ketua Umum ASPERAPI, Hosea Andreas Runkat; Ketua Bidang Ekraf HIPMI, Rano Wiharta; serta Perwakilan GIPI, Panca R Sarungu.

Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi BRIN, Agus Haryono menjelaskan, Zerocov diinovasi dengan kombinasi tiga teknologi yaitu disinfektan, sinar ultraviolet, dan ion negative, tidak hanya melindungi namun juga menyerang dan membunuh virus dan bakteri. Zerocov juga telah melalui uji kelistrikan, uji karakteristik bahan kimia untuk disinfektan, dan uji perangkat sterilisasi zerocov.

"Zerocov juga telah melalui uji empiris, terbukti ampuh membunuh virus dan aman untuk digunakan sehari-hari. Zerocov merupakan hasil kolaborasi anak bangsa antara peneliti dan swasta sehingga menciptakan produk inovasi untuk percepatan penanganan COVID-19," seperti dikatakan Agus Haryono.

Bersambung ke halaman selanjutnya.