Terkuak! Ini Sebab Musabab Harga Telur-Cabai Melonjak

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 17:50 WIB
Jelang natal dan Tahun Baru, harga sejumlah bahan pangan diprediksi akan naik. Cabai merah dan telur ayam mulai beranjak naik.
Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Harga kebutuhan barang pokok akhir tahun ini ada yang mengalami kenaikan seperti minyak goreng, cabai, bawang merah, telur dan daging ayam ras.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan mengungkapkan kenaikan harga telur ayam ras ini dipengaruhi program Bansos dengan alokasi 2 kg per keluarga selama 4 bulan periode September-Desember 2021 sehingga peternak saat ini fokus untuk memenuhi kebutuhan bansos dan mengakibatkan suplai ke pasar berkurang.

"Selain itu produksi belum pulih akibat banyaknya peternak yang melakukan afkir dini ayam petelur pada saat harga turun sehingga peternak membutuhkan waktu untuk recovery sementara permintaan akan telur ayam ras meningkat karena pelonggaran aktivitas/mobilitas masyarakat serta menjelang HBKN Nataru 2021/2022," kata dia saat dihubungi detikcom, Senin (28/12/2021).

Dia juga menyebutkan tingginya harga jagung sebagai pakan juga turut mendorong tingginya ongkos produksi telur ayam.

Kemudian untuk kenaikan harga cabai disebabkan oleh mulai berkurangnya pasokan karena musim panen raya mulai memasuki fase akhir dan karena adanya kondisi cuaca ekstrim La Nina yang menyebabkan tanaman cabai menjadi mudah busuk akibat tingginya curah hujan.

Diperkirakan pasokan akan mulai normal kembali pada saat mulai memasuki musim panen pada Februari 2022.

Selain itu kenaikan harga minyak goreng disebabkan karena harga CPO dunia yang mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Harga CPO Dunia (Dumai) pada minggu-IV mencapai Rp 12.041/Liter, dimana harga tersebut lebih tinggi 42,28 % dibanding Desember 2020.

Saat ini harga CPO sudah mulai mengalami penurunan, sehingga diperkirakan harga minyak goreng curah akan mulai mengalami penurunan pada minggu-II Januari 2022 mengikuti harga CPO Dunia.