Muhaimin Minta Pemerintah Bebaskan Pajak untuk Artis

Nada Zeitalini Arani - detikFinance
Rabu, 29 Des 2021 18:21 WIB
Abdul Muhaimin Iskandar
Foto: PKB: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Gus Muhaimin menyoroti pajak terhadap pelaku atau pekerja seni. Dalam hal ini ia meminta pemerintah membebaskan pajak kepada pelaku seni di Indonesia.

Ia menjelaskan salah satu alasannya karena mereka telah berkontribusi bagi Indonesia, namun banyak di antaranya mengalami kesulitan yang berimbas dari pandemi COVID-19. Hal itu disampaikannya pada saat menghadiri Solidarity Perform di Rawamangun, Jakarta Timur hari ini.

"Tentu bukan saja melalui BPJS, tapi kita minta dan dorong pemerintah untuk memberi perhatian khusus dari berbagai aspek melalui anggaran maupun kemudahan-kemudahan dan kelancaran bagi mereka. Bebaskan dari pajak apapun untuk artis kita yang sudah berkontribusi," ujar Gus Muhaimin dalam keterangan tertulis, Rabu (29/12/2021).

Ia pun menegaskan bahwa kehadiran pemerintah saat ini sangat dinanti oleh para pelaku seni. Oleh sebab itu ia mendukung penuh setiap ikhtiar untuk menyejahterakan artis, musisi dan seluruh pelaku seni Indonesia.

"Saya mendukung sepenuhnya atas seluruh prakarsa siang hari ini, baik ikhtiar kita bersama-sama mencintai, menghargai, dan membanggakan para seniman-seniman, musisi, artis, penyanyi dan semua yang bergerak di dunia seni untuk mendapatkan hak dan martabatnya yang menyejahterakan mereka," tuturnya.

Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Kesejahteraan Masyarakat (Korkesra) itu menambahkan pentingnya seniman di tengah masyarakat melalui kontribusi karyanya, baik berupa seni suara, seni peran, hingga seni musik. Sehingga ia menjelaskan bahwa sudah para pelaku seni itu mendapatkan apresiasi di masa-masa sulit pandemi ini.

Lebih lanjut ia berharap tidak lagi lonjakan kasus COVID-19, sehingga aktivitas para pelaku seni bisa kembali optimal.

"Yang saya khawatirkan sekarang banyak yang tidak taat prokes. Di Bali sudah kayak cendol, ramainya nggak karuan. Semoga semuanya sehat walafiat dan moga-moga tiga bulan yang akan datang tidak terjadi apa-apa," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir pula Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Direktur BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, sejumlah musisi dan artis di antaranya Delon, Once Mikel, Cozy Republik, Ayu Soraya serta Fitri Karlina.

(ncm/hns)