Kabar Baik Lagi Nih! Pemerintah Beri Bunga KUR 3% Sampai Juni 2022

ADVERTISEMENT

Kabar Baik Lagi Nih! Pemerintah Beri Bunga KUR 3% Sampai Juni 2022

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 18:15 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan program kredit usaha rakyat alias KUR dengan bunga 3% akan diperpanjang ke Juni 2022. Keputusan ini sudah disetujui Presiden Joko Widodo.

Dengan program ini diharapkan jumlah KUR yang diberikan ke masyarakat akan naik dari Rp 285 triliun saat ini, menjadi Rp 378 triliun.

"Presiden setuju beberapa program di tahun 2022, salah satunya adalah subsidi bunga KUR 3% sampai Juni 2022," ungkap Airlangga dalam konferensi pers virtual Kemenko Perekonomian, Kamis (30/12/2021).

Menurutnya, pertumbuhan kredit di Indonesia sedang meningkat. Di tahun ini saja, pertumbuhan kredit sudah mencapai 4%, tak terkecuali bagi usaha kecil menengah. Hal ini menunjukkan pemulihan ekonomi sedang terjadi.

"Dengan rapat bersama perbankan dan OJK disampaikan Pertumbuhan kredit kita di atas 4% di 2021, ini tanda positif pemulihan ekonomi," ujar Airlangga.

Untuk mendukung hal tersebut, maka dari itu pemerintah memperpanjang program KUR bunga 3% hingga Juni tahun depan. Airlangga menyatakan pemerintah juga ingin meningkatkan porsi kredit bagi UMKM.

"Ini didorong ke sektor baru untuk dorong kebijakan pemerintah meningkatkan kredit untuk usaha kecil menengah secara porsi 30% dari keseluruhan kredit," ungkap Airlangga.

Dalam paparannya, perpanjangan subsidi bunga KUR selama 6 bulan ini butuh anggaran sebesar Rp 5,64 triliun. Sebelumnya, kebijakan ini terakhir diperpanjang pada 1 Juli 2021 hingga 31 Desember 2021.



Simak Video "Kagetnya Gubsu Edy, Masih Ada Bank Salurkan KUR Bunga 6% ke UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT