Strategi BUMN Pangan Jaga Pasokan Beras-Gula Jelang Akhir Tahun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 22:30 WIB
Rajawali Nusantara Indonesia
Foto: dok. RNI
Jakarta -

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI memastikan ketersediaan pangan khususnya komoditas beras dan gula aman. Hal ini ditinjau secara langsung pada kunjungan kerja di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur hingga Denpasar Bali.

Jelang beberapa hari ke depan pergantian tahun, Induk BUMN Pangan lakukan pengecekan ke beberapa titik lokasi di Jawa Barat hingga Bali. Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), Arief Prasetyo Adi secara langsung lakukan kunjungan kerja ke beberapa titik toko retail mulai Jawa Barat hingga Bali untuk memastikan ketersediaan pangan komoditas beras dan gula.

"Setiap jelang hari besar ataupun pergantian tahun memang diikuti dengan isu ketersediaan pangan, dari peninjauan kami di lapangan melalui beberapa toko retail dipastikan stok beras maupun gula aman," jelasnya dalam keterangan resminya, Kamis (30/12/2021).

Jelang menuju Holding BUMN Pangan ini, RNI kerap memperkuat komitmennya dalam mengembangkan komersial perusahaan, salah satu upaya yang ditempuh adalah memperkuat kolaborasi bersama para pelaku usaha diantaranya dengan mendorong kerja sama RNI Group melalui PT Rajawali Nusindo dengan Alfamart sebagai salah satu perusahaan toko retail atau mini market nasional. Kerja sama tersebut ditandai dengan masuknya produk-produk pangan RNI di outlet-outlet Alfamart.

Menurut Arief, kolaborasi RNI sebagai BUMN dengan private sector akan semakin memperkuat hilirisasi produk-produk pangan nasional melalui perluasan jaringan distribusi, serta mendukung ketersediaan dan keterjangkauan produk-produk pangan berkualitas bagi masyarakat. Hal ini, tambahnya, selain dapat meningkatkan penjualan juga berdampak pada peningkatan nilai tambah dan daya saing produk lokal.

"Ini merupakan bagian dari komitmen RNI dalam menjaga ketersediaan pangan sekaligus terus membangun bisnis komersial kedepan," jelas Arief.

Bersambung ke halaman selanjutnya.