Waduh! Bank Ini Tak Sengaja Bagi-Bagi THR Rp 2,49 T ke 75.000 Orang

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 31 Des 2021 09:31 WIB
ilustrasi uang
Foto: iStock
Jakarta -

Bank Santander di Inggris secara tidak sengaja 'memberikan' sejumlah Tunjangan Hari Raya (THR) Natal dan tahun baru.

Pihak bank secara keliru menyetorkan 130 juta pound sterling atau setara dengan Rp 2,49 triliun (dengan kurs Rp 19.200/pound sterling) ke 75.000 rekening pada tanggal 25 Desember Lalu.

Melansir dari BBC, Jumat (31/12/2021), sekarang ini staf Santander masih berusaha untuk mendapatkan kembali 'THR' yang secara tidak sengaja dibagi-bagikan itu.

Meski demikian, mengumpulkan kembali uang-uang tersebut bukanlah perkara yang mudah, terlebih karena sebagian besar uang tersebut disimpan di rekening di bank saingan.

Peristiwa ini terjadi akibat adanya masalah teknis pada sistem perbankan Santander. Saat itu pembayaran dari 2.000 akun bisnis dilakukan dua kali.

Dengan kata lain, sekitar 2.000 rekening pada dasarnya menerima biaya dua kali dari yang dikirimkan, meskipun pembayaran kedua didanai oleh Santander.

"Kami mohon maaf karena masalah teknis, beberapa pembayaran dari klien korporat kami salah digandakan di rekening penerima," kata bank dalam sebuah pernyataan.

Di sisi lain, mereka yang secara tidak sengaja 'menerima' THR tersebut merasa kesal karena uang tersebut diminta kembali oleh pihak bank.

"Itu merusak masa liburan saya karena saya pikir saya telah membayar ratusan ribu karena kesalahan - saya pikir saya telah melakukan sesuatu yang salah," kata mereka kepada BBC.

Mereka mengatakan bahwa pihak Santander tidak memberikan informasi apa pun tentang bagaimana mereka harus mengembalikan uang tersebut.

"Ini benar-benar berantakan," kata orang tersebut.

"Bagaimana mereka akan memulihkannya, saya tidak tahu," jelasnya lagi.

(das/das)