Year in Review 2021

Gabungkan Seni & Teknologi, SASA Hadirkan Game Kuliner-Aplikasi AR

Inkana Putri - detikFinance
Jumat, 31 Des 2021 13:40 WIB
Ilustrasi Shutterstock
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membawa pengaruh terhadap gaya hidup masyarakat. Adanya pembatasan aktivitas selama pandemi membuat masyarakat harus beradaptasi terhadap teknologi dan digitalisasi.

Tak hanya masyarakat, kondisi ini juga mendorong berbagai perusahaan untuk berinovasi dan mengembangkan cara pemasaran menjadi serba digital. Hal inilah yang dilakukan oleh PT Sasa Inti (SASA), yang melakukan inovasi lewat digital marketing untuk berinteraksi dan menggaet lebih banyak konsumen.

"Kita juga melihat tren bahwa selama pandemi orang-orang rindu ingin keluar rumah. Rindu ingin liburan, setiap hari cuma liat foto-foto lama. Berbekal dari situlah maka kita membuat konten-konten yang menarik ya, untuk kita tayangkan, kita viralkan," ujar Marketing Director Brand Communication PT Sasa Inti (SASA), Fenny Kusnaidy dalam tayangan Detik Year In Review.

"Kita juga tahu hiburan orang apa sih di rumah, ya paling main gadget sekarang. Dari bangun tidur sampai mau tidur yang dipegang handphone," imbuh Fenny.

Melihat kondisi ini, SASA menghadirkan berbagai inovasi. Salah satunya dengan menggabungkan seni dengan teknologi. Adapun hal ini dihadirkan dalam bentuk game hingga aplikasi berbasis Augmented Reality (AR).

Bersama Gambir Game Studio, SASA mengembangkan game berbasis mobile device, Bubur Ayam Express. Tak hanya mengangkat masakan Indonesia yang sangat dekat dengan masyarakat, Bubur Ayam Express juga menghadirkan berbagai level dan cerita yang unik dan menarik. Lewat game ini, SASA berhasil mencuri perhatian masyarakat dan mampu menembus 1 juta downloaders dan mendapatkan penghargaan dari Apple Asia Pacific.

Ilustrasi Digital Marketing SASADok. Instagram/sasamelezatkan

Selain itu, SASA juga menghadirkan Mood for Food, yakni aplikasi berbasis AR yang dapat mendeteksi mimik wajah untuk memberikan rekomendasi makanan yang cocok dan resep makanan berdasarkan mimik tersebut. Aplikasi ini juga cukup menarik animo netizen hingga para food vlogger dan chef seperti willgoz, jwestbros, dan suryainsomnia untuk mencoba.

Ilustrasi Digital Marketing SASAIlustrasi Digital Marketing SASA Foto: Dok. SASA

Pada aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengakses link www.sasa.co.id/moodforfood dan melakukan scan wajah. Nantinya website akan menampilkan rekomendasi menu yang sesuai dengan mood pengguna.

Berkat inovasi ini, SASA meraih penghargaan The Top 3 Future Digital Marketing Champion 2020 dari SWA Indonesia. Di samping itu, SASA juga menjadi Top Digital Implementation 2021 di ajang TOP Digital Awards.

"Melalui semua perjuangan di tahun ini, tim digital kami telah berhasil membuktikan bahwa inovasi dan kreativitas tidak akan pernah padam dikarenakan krisis. Hal ini kami anggap sebagai kesempatan untuk terus bereksplorasi lebih banyak dan menciptakan sesuatu untuk memberikan sebuah bentuk kebahagiaan baru di masa sulit ini," demikian keterangan resmi SASA.



Simak Video "Year in Review 2021: Hingar Bingar UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/ara)