ADVERTISEMENT

Bisnis di 2022, Sandiaga: Grey Ekonomi Belum Banyak Pemainnya

dtv - detikFinance
Jumat, 31 Des 2021 15:17 WIB
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengenalkan grey ekonomi sebagai demografi penantang milenial dan gen z. Meski sudah tua, pengalaman dan ide kreatifnya tidak kalah dengan anak muda.

"Grey Ekonomi belum banyak pemain kalau gen Z dan milenial sudah banyak, tetapi ada satu grup demografi usianya di atas 60 tahun, sehat sehat semua punya uang," ujar Sandiaga Uno dalam acara d'Mentor detikcom, Kamis (31/12/2021)

Lebih lanjut Sandiaga katakan mereka yang disebut grey ekonomi mempunyai fleksibilitas waktu. Selain itu dari segi pengalaman berbisnis tidak perlu ditanya lagi.

"Mereka jauh lebih mencoba masuki konsep bisnis yang sustainable mereka punya pengalaman," lanjut Sandi.

Sandiaga mengatakan meski bisa menjadi penantangan baru dalam demografi ekonomi 2022. Pelaku grey ekonomi juga bisa menjadi mitra dalam bisnis.

"Mereka bisa diajak mitra. Dan ini salah satu peluang menarik untuk usaha anak anak muda, kenapa enak bermitra dengan mereka ? karena mereka punya pengalaman, mereka punya duit, punya jejaring," paparnya.



Sandiaga mengibaratkan pelaku grey ekonomi ini seperti yang dilakukan Helmy Yahya. Masa usia emas diisi dengan ide-ide kreatif dan kolaborasi dengan anak muda.

"Kayak bung helmy ini yang youtube chanel demografi muda semua kenapa karena belajar banyak dari pengalaman mereka jadi ini peluang 2022, sy lihat sektor usahanya terutama di ekonomi kreatif ada 17 sektor gaming, streaming, umkm ini menciptakan ide baru dan kolaborasi dengan semua pihak," pungkasnya.

(edo/fuf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT