Viral Sekdes Beri Anak Kado Ultah Rubicon-Alphard, Berapa Sih Gajinya?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 03 Jan 2022 11:27 WIB
Ototest Jeep Wrangler Rubicon 2021
Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar/detikOto
Jakarta -

Dunia maya dihebohkan dengan viralnya anak sultan yang mendapat hadiah ulang tahun berupa mobil mewah. Sang orang tua memberikan hadiah mobil Rubicon yang harganya mulai dari Rp 1,5 miliaran, Alphard yang harganya mulai dari Rp 1,1 miliaran, dan HRV yang harganya mulai dari Rp 290 jutaan.

Yang bikin heboh, si orang tua dikabarkan menjabat sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Mampu membelikan anaknya 3 mobil mewah seharga miliaran, memang berapa gaji Sekdes?

Gaji perangkat desa atau gaji pamong desa sudah diatur pemerintah pusat lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam Pasal 81 PP tersebut, penghasilan tetap kepala desa, sekretaris desa (Sekdes), dan perangkat desa dianggarkan lewat APBDesa yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD).

Gaji perangkat desa tertinggi yakni untuk jabatan sekretaris desa atau yang biasa disebut sebagai carik desa. Gaji per bulan yakni paling sedikit Rp 2.224.420 atau setara 110% dari gaji pokok PNS golongan IIa.

Namun demikian, PP tersebut hanya mengatur terkait besaran minimum gaji yang bisa diperoleh perangkat desa. Gaji perangkat desa bisa lebih tinggi tergantung dengan kebijakan masing-masing kepala daerah, dalam hal ini bupati atau wali kota dengan kebijakan tunjangan masing-masing daerah.

Jika melihat jumlah gaji tersebut, maka akan sangat sulit bagi Sekdes untuk membeli mobil mewah seharga miliaran. Kecuali, jika si Sekdes tersebut memang memiliki pendapatan lain yang besar, dari berbisnis atau pengusaha misalnya.

Lihat juga video 'Tanahnya Dihargai Rp 106 Miliar, Warga di Takalar Borong Mobil Mewah':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/fdl)