Eks CEO Bukalapak Jadi Anak Buah Luhut

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 03 Jan 2022 14:17 WIB
Rachmat Kaimuddin CEO Bukalapak
Rachmat Kaimuddin (kanan) Foto: Dok. Bukalapak
Jakarta -

Eks CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin resmi bergabung dengan Kemenko Kemaritiman dan Investasi pimpinan Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Rachmat bakal menempati posisi sebagai penasehat di bidang teknologi. Dia menjelaskan Rachmat akan memberikan laporan dan masukan secara langsung kepadanya soal pemanfaatan teknologi.

"Saudara Rachmat Kaimuddin akan bergabung ke keluarga besar Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia sebagai technology sustainability development special advisor," ungkap Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (3/1/2022).

"Dia akan berikan laporan dan masukan kepada saya pribadi selaku Menko Kemaritiman dan Investasi," lanjutnya.



Penunjukan ini dilakukan berdasarkan pembicaraan selama berbulan-bulan antara Rachmat dengan pihak Kemenkomarves.

"Hari ini saya sampaikan bergabungnya saudara Rachmat Kaimuddin ke Kemenkomarves. Ini sudah berbulan-bulan pembicaraan kita," ungkap Luhut.

Sebelumnya, Rachmat Kaimuddin merupakan CEO Bukalapak, dia mengajukan pengunduran diri pada 28 Desember 2021 yang lalu.

Dalam surat pengunduran dirinya, Rachmat memang sempat menuliskan rencananya untuk mengabdi kepada negara. Namun, dalam suratnya dia tidak menjelaskan ke instansi mana dia akan masuk.

"Berdasarkan informasi dari surat pengunduran diri, Rachmat berencana akan melakukan pengabdian negara dengan bekerja untuk pemerintah," kata VP of Corporate Secretary Bukalapak Perdana Arning Saputro dalam keterangan resminya, Rabu (29/12/2021) yang lalu.



Simak Video "Luhut Angkat Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Jadi Staf"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)