CEO Bukalapak Mundur, Banting Setir ke Pemerintahan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 07:30 WIB
Rachmat Kaimuddin CEO Bukalapak
Rachmat Kaimuddin (kanan)/Foto: Dok. Bukalapak
Jakarta -

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengundurkan diri. Ia berencana bekerja untuk pemerintah.

VP of Corporate Secretary Bukalapak Perdana Arning Saputro mengungkapkan perusahaan menerima surat pengunduran diri pada 28 Desember 2021.

"Bukalapak telah menerima surat pengunduran diri dari Direktur Utama Bukalapak, Rachmat Kaimuddin pada tanggal 28 Desember 2021 yang akan berlaku efektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/12/2021).

Meski mundur dari CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin masih menjalankan tugasnya seiring proses transisi. Direktur Bukalapak lainnya juga masih bertugas.

"Sampai saat ini, Rachmat Kaimuddin masih menduduki posisi sebagai Direktur Utama Bukalapak dan akan membantu proses transisi kepemimpinan di internal Bukalapak. Adapun Teddy Oetomo, Natalia Firmansyah, dan Willix Halim tetap menjabat sebagai Direktur Bukalapak," ujarnya.

Sebagai penggantinya, perusahaan menunjuk Willix Halim sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bukalapak. Dia menjabat sampai ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan yang meratifikasi dan mengkonfirmasi pengunduran diri Rachmat Kaimuddin dan ditunjuknya direktur utama yang baru.

"Adapun Teddy Oetomo dan Natalia Firmansyah akan tetap menjabat sebagai Direktur Bukalapak," kata Head of Media and Communication Fairuza Ahmad dalam keterangan tertulis dikutip detikcom.

Bekerja untuk Pemerintah

Dalam surat pengunduran diri, Rachmat Kaimuddin menuliskan rencananya untuk mengabdi kepada negara. Namun, rencana tersebut tidak dijelaskan lebih lanjut.

"Segenap Dewan Komisaris dan Manajemen Bukalapak menyatakan penghargaan tertinggi serta apresiasi atas kontribusi Rachmat selama 2 tahun ini. Berdasarkan informasi dari surat pengunduran diri, Rachmat berencana akan melakukan pengabdian negara dengan bekerja untuk pemerintah," tuturnya.

Lihat juga video 'Napak Tilas Perjalanan Bukalapak Lewat Surat Perpisahan Achmad Zaky':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana rekam jejak CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin? Cek halaman berikutnya.