Rachmat Kaimuddin Cabut dari Bukalapak, Kini Jadi Penasihat Luhut

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 04 Jan 2022 07:40 WIB
Eks CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin jadi anak buah Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Dok. Kemenko Kemaritiman dan Investasi
Jakarta -

Rachmat Kaimuddin kini sudah memiliki tugas baru usai melepas kursi kepemimpinan Bukalapak Desember yang lalu. Sesuai dengan alasan mundurnya, Rachmat kini benar-benar mengabdi ke negara dengan bekerja di pemerintahan.

Kini, Rachmat telah resmi menjadi bagian dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan. Dirinya kini mengisi posisi sebagai Penasihat Khusus untuk Luhut.

Luhut juga baru saja mengumumkan bahwa Rachmat akan bergabung ke kantornya sebagai Technology and Sustainability Development Special Advisor alias Penasihat Khusus pada Bidang Teknologi dan Keberlanjutan.

"Saudara Rachmat Kaimuddin akan bergabung ke keluarga besar Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia sebagai Technology and Sustainability Development Special Advisor," ungkap Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (3/1/2022).

Luhut tak menjelaskan secara rinci apa tugas Rachmat, cuma yang jelas eks bos Bukalapak itu akan bekerja langsung di bawah Luhut. Dia akan memberikan masukan dan laporan secara pribadi langsung kepada Luhut.

"Dia akan berikan laporan dan masukan kepada saya pribadi selaku Menko Kemaritiman dan Investasi," jelas Luhut.

Luhut kemudian memaparkan alasan utamanya merekrut seorang Rachmat Kaimuddin sebagai anak buahnya. Dia menjelaskan pengalaman yang dimiliki Rachmat sebagai pemimpin di berbagai industri dan sektor, termasuk di bidang teknologi dan sustainable development alias pengembangan berkelanjutan merupakan poin penting yang membuat Rachmat pantas mengemban jabatan baru ini.

Dia pun sempat menyoroti keberhasilan Rachmat yang berhasil membawa Bukalapak sebagai unicorn pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia.

"Sebelum menerima jabatan ini, Rachmat merupakan Direktur Utama di Bukalapak yang berhasil membawa perusahaan ini menjadi unicorn pertama yang melantai di bursa IDX," ujar Luhut.

Ditunjuk Luhut jadi Penasihat Khusus, Rachmat pun buka suara. Dia mengatakan tugas dari Luhut adalah kehormatan yang besar. Menurutnya, mengabdi kepada negara menjadi impiannya sejak kecil.

"Buat saya ini suatu kehormatan sangat besar. Untuk diminta pak Menko membantu beliau dan juga membantu negara. Ini suatu yang mungkin saya bisa bilang saya bayangkan dari kecil berkesempatan bekerja untuk negara," ujar Rachmat dalam keterangan video yang dibagikan humas Kemenkomarves.

"Harapan saya, saya bisa bekerja dengan baik dan berikan tenaga dan pikiran untuk kebaikan kita semuanya," ujarnya.

Sebelumnya, Rachmat Kaimuddin mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai CEO Bukalapak pada 28 Desember 2021 yang lalu.

Dalam surat pengunduran dirinya, Rachmat memang sempat menuliskan rencananya untuk mengabdi kepada negara. Namun, dalam suratnya dia tidak menjelaskan ke instansi mana dia akan masuk. Kini terjawab sudah teka-teki itu, Rachmat menjadi anak buah Luhut.

"Berdasarkan informasi dari surat pengunduran diri, Rachmat berencana akan melakukan pengabdian negara dengan bekerja untuk pemerintah," kata VP of Corporate Secretary Bukalapak Perdana Arning Saputro dalam keterangan resminya, Rabu (29/12/2021) yang lalu.

(hal/eds)