ADVERTISEMENT

Menelusuri 'Penthouse Rp 5 M' yang Heboh Gara-gara Layangan Putus

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 07:00 WIB
Jangan kaget jika ada griya tawang alias penthouse yang menembus awan, beginilah penampakannya.
Ilustrasi/Foto: Istimewa/Luxatic
Jakarta -

Tokoh Lydia dalam drama seri Layangan Putus membuat penonton gregetan. Apalagi, Lydia yang merupakan perebut laki orang alias pelakor sampai mendapat penthouse dari Aris seharga Rp 5 miliar.

Bicara soal penthouse, istilah ini sendiri kerap terdengar namun tak jarang ada yang belum tahu apa definisi sesungguhnya.

Dikutip dari Business Insider, Selasa (4/1/2022), kebanyakan orang berpikir jika penthouse merupakan unit lantai paling atas sebagai tempat tinggal yang mewah dari sebuah gedung. Namun, di tahun 2019 definisi penthouse mengalami pergeseran.

"Seiring dengan ledakan pembangunan yang baru saja kami alami, istilah penthouse telah berkembang sedikit dari pengertian tradisional apartemen lantai atas (yang merupakan penthouse) menjadi istilah pemasaran secara umum untuk membantu mencapai angka penjualan yang terkadang lebih tinggi dan perbedaan dari unit lain di gedung itu," kata Steve Gold, agen real estat mewah di Corcoran.

Dia mengatakan, di masa lalu, penthouse didefinisikan sebagai unit lantai paling atas.

"Sekarang, di seluruh industri setidaknya di antara broker, penthouse didefinisikan sebagai di mana saja di gedung di mana bangunan mulai 'mundur', dengan kata lain, ketika bangunan mulai memiliki teras," kata Gold.

Menurut Jason Haber, seorang agen di Warburg Realty di Manhattan, penthouse sebagai wilayah paling atas sudah lama berlalu. Saat ini, istilah itu bisa diterapkan pada suatu unit jika memiliki tata letak yang berbeda, langit-langit yang lebih tinggi, atau fasilitas lain yang membedakannya dari unit lain di dalam gedung.

Sementara, dikutip dari rumah123.com, penthouse merupakan tipe apartemen yang mewah dan berada di lantai paling atas sebuah gedung apartemen.

Berbeda dengan tipe apartemen lainnya, penthouse biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih luas dan menyuguhkan pemandangan yang bagus dari lantai paling atas.

Penthouse juga kerap kali menawarkan fasilitas yang berkelas dan terbilang eksklusif. Sebagai contoh, unit apartemen penthouse dilengkapi dengan private lift sehingga privasi penghuni tetap terjaga.

Dari segi interior pun penthouse cenderung berbeda dari tipe apartemen lainnya. Kemudian, penthouse tidak hanya memberikan kamar tidur, kamar mandi dan dapur tapi bisa mendapatkan ekstra ruangan lainnya. Ruangan tersebut di antaranya foyer, ruang tengah, kamar anak, ruang kerja dan ruang meeting sendiri.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT