Kapan Gelombang 23 Prakerja Dibuka Lagi? Ini Jawabannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 14:43 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Pemerintah memastikan program Kartu Prakerja masih akan berlanjut pada 2022 ini. Lalu kapan gelombang 23 Prakerja ini dibuka lagi?

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto pernah mengatakan bahwa pengumuman pembukaan gelombang 23 Kartu Prakerja akan diumumkan pada Februari 2022.

"Pendaftaran tetap melalui www.prakerja.go.id dan tentunya nanti di sekitar akhir atau awal Februari akan kita umumkan kapan gelombang 23 akan dimulai," kata Airlangga dalam konferensi pers, Rabu (15/12/2021).

Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan di tahun 2022 dengan anggaran Rp 11 triliun. Sebelumnya disebutkan, anggaran itu merupakan 4,3% dari dana bantuan sosial dalam APBN 2022 yang totalnya mencapai Rp 252,3 triliun.

"2022 anggarannya adalah Rp 11 triliun dan tentu jumlah dari pesertanya antara 3 sampai 4,5 juta," pungkas Airlangga.

Jadi dapat disimpulkan bahwa jawaban atas pertanyaan kapan gelombang 23 Prakerja ini dibuka lagi, kemungkinan berada di bulan Februai mendatang.

Nah bagi kamu yang ingin segera mengikuti program Kartu Prakerja ini, jangan lupa untuk segera membuat akun Prakerja ya! Lagi pula kini pembuatan akun di situs Kartu Prakerja pun sudah kembali dibuka.

"Sobat Prakerja, pembuatan akun di situs Kartu Prakerja sudah dibuka kembali. Sobat yang belum punya akun, segera daftarkan diri, yuk!," tulis pengumuman di akun Instagram resmi @prakerja.go.id, Rabu (5/1/2022).

Pembuatan akun di situs Kartu Prakerja yang sudah dibuka ini untuk masyarakat yang belum pernah mendaftar sama sekali. Sedangkan bagi yang sudah memiliki akun, tinggal klik gabung dan mengikuti seleksi saat pendaftaran gelombang 23 sudah dibuka nanti.

"Berhati-hati terhadap situs dan tautan palsu mengatasnamakan Kartu Prakerja. Situs resmi hanya di www.prakerja.go.id," tuturnya.

(eds/eds)