Perhatikan Gaes... Ini Kisi-kisi Bisnis yang Bakal Cuan Gede di 2022

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 06:15 WIB
Jakarta -

Mungkin tidak sedikit yang memiliki keinginan di tahun yang baru ini untuk mulai membangun bisnis. Nah sebelum mulai melangkah, ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu jenis bisnis yang akan dipilih.

Jenis usaha tentu akan sangat bergantung pada perkembangan waktu. Ada jenis-jenis bisnis yang booming di waktu tertentu, tapi ada juga yang hilang karena perubahan tren yang terjadi.

Pakar Bisnis yang juga Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Rhenald Kasali menegaskan, hal yang paling utama sebelum memulai bisnis adalah memilih jenis usaha yang sesuai dengan minatnya masing-masing. Karena dengan begitu minimal akan lebih memahami risiko dari jenis bisnis yang dipilih.

"Kan nggak mungkin juga orang yang hobinya bisnis kue tapi membuat bisnis las, meskipun bisnis las lagi bagus misalnya. Jadi yang pertama digaris bawahi kenal dulu, karena dengan kenal mengurangi ketidakpastian. Kita akan tahu risikonya," tuturnya dalam acara d'Mentor.

Rhenald pun mengungkapkan jenis bisnis yang berpotensi berkembang di 2022 kisi-kisinya yang berkaitan dengan escape. Kata escape ini berkaitan dengan keinginan orang untuk melarikan diri dari kepenatan yang terjadi selama pandemi COVID-19.

"Escape dari kepenatan, apapun. Anda penat belajar di rumah, diam di rumah, kerja di rumah. Makanya mall itu tetap menarik tapi itu untuk escape. Makanya di mall ada yang laku, ada juga yang jualannya tidak laku," ucapnya.

Dia mencontohkan salah satu barang yang mungkin akan meningkat penjualannya adalah sepatu. Karena masyarakat yang mulai jenuh berdiam diri di rumah akan membeli sepatu untuk berbagai keperluan, baik untuk olahraga maupun untuk bepergian.

Bisnis apalagi? Klik halaman berikutnya.