Gaji Pramugari Kereta Api RI vs AS vs China, Besar Mana?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 18:00 WIB
Pramugari tak hanya ada di pesawat tetapi juga di kereta api. Para prami dan prama ini bertugas untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang KA jarak jauh.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Gaji pramugari kereta api menjadi sorotan karena tugasnya tak jauh berbeda dengan pramugari di pesawat. Untuk di Indonesia sendiri, pramugari kereta api ini ada di di kereta ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

Gajinya, berdasarkan catatan detikcom, rata-rata sebesar Rp 7 juta per bulan. Nilai itu terdiri dari gaji pokok Rp 4 juta dan sejumlah tunjangan dan insentif. Rata-rata Rp 7 juta itu untuk pramugari junior, sementara yang senior tentu lebih tinggi dari itu.

Melihat gaji pramugari kereta api di Indonesia, jika dibandingkan di negara lain ternyata jauh berbeda.

Berikut ini gaji pramugari kereta di negara lain:

1. Gaji Pramugari Kereta Api di Inggris

Untuk gaji pramugari di Inggris 23.416 pound sterling atau setara Rp 454 juta (Rp 19.400) per tahunnya. Perkiraan ini dikutip dari website Glassdoor, situs yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan dan melihat gaji secara anonim.

2. Gaji Pramugari Kereta Api di Amerika Serikat

Kemudian, dikutip dari zippia Kamis (6/1/2022) gaji pramugari kereta di Amerika Serikat rata-rata US$ 185.900/13 jam atau setara Rp 373 juta (kurs Rp 14.300). Per tahunnya, kira-kira gajinya mencapai US$ 21.000 hingga US$ 31.000.

3. Gaji Pramugari Kereta Api di China

Lalu, gaji pramugari di China setahun bisa meraup hingga 2.256 yuan tiongkok atau setara Rp 85 juta. Mengutip dari ERI Economic Research Institute, gaji ini berdasarkan data survei gaji yang dikumpulkan langsung dari pemberi kerja dan karyawan anonim di Tiongkok.



Simak Video "Wanita Ponorogo Ini Banting Setir dari Pramugari Jadi Wirausaha Plafon"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)