ADVERTISEMENT

Gaji Pramugari Kereta Api dan Tunjangannya, Intip di Sini!

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 10:58 WIB
Pramugari kereta api
Pramugari Kereta Api/Foto: (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Siapa yang penasaran berapa gaji pramugari kereta api? Selain pesawat yang memiliki pramugari, di kereta api antar kota juga ada baik untuk kereta ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Pramugari kereta api bertugas melakukan pengawasan saat boarding penumpang hingga menjual makanan serta minuman.

Berdasarkan catatan detikcom, dikutip Kamis (6/1/2022) gaji pramugari kereta api rata-rata sebesar Rp 7 juta per bulannya. Nilai itu terdiri dari gaji pokok Rp 4 juta dan sejumlah tunjangan dan insentif.

Dikutip dari berbagai sumber, rata-rata Rp 7 juta itu untuk pramugari junior. Sementara yang senior tentu lebih tinggi dari itu.

Dengan gaji pramugari kereta api sebesar itu, apa tugasnya?

Tugas pramugari kereta api disebut tak berbeda dengan pramugari pesawat. Pertama satu jam sebelum keberangkatan, pramugari kereta api sudah harus ada di stasiun dan menghitung barang yang nantinya akan dijual di restorasi.

Kemudian, mengecek peralatan di restorasi, memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Seperti microwave, chiller dan boiler. Saat boarding, pramugari akan menunggu penumpang boarding di peron keberangkatan. Tugasnya mengarahkan ke gerbong dan tempat duduk penumpang.

Setelah boarding, mereka masih harus melanjutkan apel dinas bersama kondektur, polsuska, teknisi Kereta Api, dan tim On Trip Cleaning (OTP). Senior Train Attendant atau prami senior akan memimpin briefing dan doa.

Saat kereta api jalan, pramugari kereta api mengumumkan menu apa saja yang tersedia di restoran. Saat pandemi ini pramugari kereta api ditekankan untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Itulah gaji pramugari kereta api.



Simak Video "Kisah Pramugari Kereta Api yang Dirumahkan di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT