Terbang dengan Ancaman Omicron, Pilot Maskapai Ini Gajinya Naik 3 Kali Lipat

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 01 Jan 2022 21:00 WIB
Syarat penerbangan Nataru 2021 menjadi informasi penting bagi kamu yang hendak bepergian. Apa saja aturan lengkapnya?
Foto: Getty Images/iStockphoto/skyNext
Jakarta -

Maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS) United Airlines berencana menaikkan gaji pilotnya lebih tiga kali lipat untuk tetap melakukan perjalanan di tengah terpaan varian COVID-19, Omicron.

Mengutip dari CNBC, Sabtu (1/1/2021) saat ini maskapai tengah mengalami kekurangan kru pesawat, terutama pilot. Karena sebagian banyak terkena varian Omicron. Akibatnya, 200 penerbangan terpaksa harus batal, menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware.

Oleh sebab itulah, Wakil Presiden Senior Operasi Penerbangan United Unites, Bryan Quigley, mengatakan pihaknya sepakat untuk menaikkan gaji pilot yang masih harus melakukan penerbangan meski menerjang ancaman varian Omicron. Keputusan ini juga diamini oleh Asosiasi Pilot Jalur Udara.

Pilot akan ditawarkan kenaikan gaji sebesar 3,5 kali lipat jika mau melakukan penerbangan untuk perjalanan dari 30 Desember 2021 dan 3 Januari 2022. Kedua kenaikan gaji tiga kali lipat jika mau melakukan penerbangan antara 4 Januari dan 29 Januari 2022.

Pramugari United juga mendapatkan bayaran ekstra untuk mengambil perjalanan. Selain United, maskapai lain termasuk JetBlue, American, Southwest dan Spirit juga telah menaikkan gaji kru untuk menghindari gangguan penerbangan liburan.

Akibat lonjakan kasus varian Omicron, jika ditotalkan maskapai United, Delta Air Lines, JetBlue Airways, SkyWest, Alaska Airlines, dan maskapai lainnya telah membatalkan lebih dari 10.000 penerbangan gabungan sejak 23 Desember. Hal itu terpaksa dilakukan dengan alasan cuaca buruk dan minimnya kru maskapai karena banyak yang dinyatakan positif COVID-19.

Lihat Video: News of The Week: Nabawi Kembali Jaga Jarak-Gubsu Jewer Pelatih PON

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)