ADVERTISEMENT

Bandara Halim Mau Ditutup, Penerbangan dari Ngloram ke Pondok Cabe?

Febrian Chandra - detikFinance
Jumat, 31 Des 2021 16:04 WIB
Desain terminal bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, Jateng, jadi perhatian Jokowi. Jokowi memuji langsung desain terminal bandara Ngloram seperti di hutan jadi.
Foto: Febrian Chandra: Bandara Ngloram-Blora
Blora -

Bandara Halim Perdanakusuma mau ditutup untuk proses revitalisasi. Jika tak ada perubahan, penutupan Bandara Halim Perdanakusuma mulai 1 Januari 2022.

Lantas, bagaimana dampaknya terhadap penerbangan dari Bandara Ngloram di Blora? Menurut Bupati Blora Arif Rohman pihak maskapai Citilink memberikan opsi rute penerbangan, yaitu dari Bandara Ngloram menuju bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan.

"Waktu rapat pertama dengan pihak Citilink penerbangan Ngloram menuju Halim dialihkan ke Pondok Cabe. Tapi kabar terakhir ini berubah. Sifatnya masih tentatif," kata Arif saat dihubungi detikcom, Jumat (31/12/2021).

"Kabar terakhir penerbangan dari Blora menuju Jakarta akan di transit kan dulu ke bandara Ahmad Yani, Semarang baru menuju ke bandara Soetta. Tapi ini sifatnya masih tentatif ya. Dari kita masih melobi agar dapat penerbangan langsung tanpa transit," terangnya.

Arif berharap kepada pihak maskapai agar dapat melakukan rute penerbangan langsung tanpa ada transit. Menurut dia, pengalihan rute penerbangan tersebut dianggap tidak akan mengurangi minat para calon penumpang untuk menggunakan moda transportasi udara itu.

"Saya kira kalau masih di Pondok Cabe enggak (mempengaruhi), karena masih dekat dan masih prospek juga," kata dia

Sementara itu Kepala Bandar Udara (UPBU) Dewandaru Ariadi Widiawan yang juga membawahi bandara Ngloram mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui akan dialihkan kemana rute penerbangan dari bandara Ngloram, Blora menuju Jakarta.

"Sampai saat ini saya belum mendapat kepastian pengalihan rute penerbangan mau dialihkan kemana. Nanti kalau sudah ada kabar , saya kabari. Sedangkan untuk penerbangan hari ini, rutenya masih sama Ngloram - Halim Perdanakusuma," kata Ariadi saat dihubungi detikcom.

Sekadar diketahui, Kementerian Perhubungan menyatakan operasional pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma bakal dipindah seiring dengan penutupan bandara yang akan dilakukan per 1 Januari 2022. Penutupan bandara sendiri dilakukan dalam rangka revitalisasi Halim Perdanakusuma.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT