ADVERTISEMENT

Sepatu Kulit Made in Bandung Tembus Ekspor, Dipakai Para Pramugari

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 17:03 WIB
Bisnis Sepatu Lokal Asal Bandung Ini Lahir dari Dendam hingga Mendunia
Foto: Dok. Blankenheim
Jakarta -

Banyak brand sepatu lokal yang kualitasnya tak kalah dengan luar negeri. Tak hanya harganya bisa jadi lebih murah, sejumlah merek menampilkan model atau detain menarik hingga berkualitas ekspor.

Blankenheim bisa jadi salah satu dari banyaknya brand sepatu lokal yang sukses ekspor ke mancanegara. Maulana Ammar dan Beny Sofara mulai perintis sepatu kulit asal Bandung ini pada 2013.

Co-founder Maulana Ammar mengatakan Blankenheim ini lahir ketika salah satu founder melakukan studi di salah satu kota di Belanda. Saat itu, ia menaksir sepatu brand luar negeri yang harganya dibanderol tinggi tapi terdapat label Made in Indonesianya.

Kejadian tersebut membuat sang founder berniat untuk membuat sepatu kulit yang tak kalah bagus kualitasnya, tapi dengan brand asli buatan Indonesia.

"Jadi Blankenheim ini lahir selain dari kecintaan kita pada produk lokal, terutama produk kulit, dengan material semuanya lokal, namun bisa dipajang di toko-toko di luar negeri sana, " jelas Ammar dalam Webinar BNI UMKM Jawa Barat dikutip Kamis (30/12/2021).

Lebih lanjut, Ammar mengatakan bisnis sepatunya ini juga lahir dari keresahan dirinya pada saat itu karena berkurangnya minat masyarakat Indonesia terutama anak muda terhadap brand lokal. Hal ini membuatnya memantapkan langkah merintis bisnis sepatu.

"Dari situ makin kuatlah keinginan kita untuk membuat produk lokal yang semua bahan bakunya lokal yang bisa go internasional, " ungkapnya.

Lambat laun, banyak pencapaian yang didapat oleh Blankenheim, salah satunya produk yang memenuhi standar kualitas ekspor. Hal ini membuat brand sepatu lokal ini terpilih mengikuti pameran di luar negeri seperti di Amerika Serikat pada 2019 dan Seoul pada 2020.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Lihat juga Video: BNI Xpora Bantu UMKM Dalam Melakukan Ekspor

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT