Gaji Staff Bandara Berapa? Intip di Sini Besarannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 07 Jan 2022 13:23 WIB
Pekerja cargo melakukan bongkar muat Envirotainer berisi vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (25/5/2021). Sebanyak delapan juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac kembali tiba di Indonesia, yang selanjutnya dibawa ke Bio Farma Bandung. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.
Gaji Staff Bandara/Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Jakarta -

Gaji staff bandara jadi hal yang perlu kamu perhatikan kalau ingin bekerja di bandara. Lalu berapa sih besaran gaji staff bandara?

Sebelum membicarakan rincian gaji staff banda di Indonesia terbaru, ada baiknya bila kita kenali terlebih dahulu tanggung jawab dari seorang staff bandara

Melansir dari situs pspp.co.id, berikut tugas-tugas dari staff bandara:
- Baggage Handling
- Cargo Services
- Melakukan loading dan unloading pesawat
- Counter Check In, Boar-ding & Disembarking
- Greeting Services
- Ticketing Maskapai

Selain itu, dikarenakan bandara biasanya aktif selama 24 jam setiap harinya, untuk mendapatkan gaji, staff bandara memiliki sistem kerja yang cukup sulit dan penuh dengan tanggung jawab. Sebagai seorang staff bandara, sistem kerja yang diterapkan yakni sistem bergilir (shift).

Sehingga di situasi dan kondisi apapun, kamu harus siap baik bertugas dari pagi hingga malam. Sebab sistem kerja tersebut sudah diterapkan oleh perusahaan penerbangan.

Sedangkan untuk besaran gaji yang dapat diterimanya, staff bandara sendiri memang dikenal memiliki gaji pokok yang besar ditambah bonus dan tunjangan lainnya. Gaji yang diterima staff bandara sendiri bisa sekitar 4.500.000 per bulannya untuk staff junior.

Gaji yang disebutkan tadi belum termasuk uang lembur dan tunjangan dalam sebulan. Jadi jika di total gaji staff bandara bisa mencapai 6 atau 7 juta tiap bulannya.

(fdl/fdl)