Info Penting! Biaya Umrah 2022 Rp 28 Juta, Belum Termasuk PCR-Karantina

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 09 Jan 2022 21:24 WIB
Pemerintah kembali membuka keberangkatan jamaah umrah asal Indonesia meski Omicron mewabah.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Penyelenggaraan ibadah umrah untuk jamaah asal Indonesia kembali dibuka sejak kemarin. Kementerian Agama (Kemenag) dengan asosiasi telah menetapkan biaya umrah 2022 sebesar Rp 28 juta.

"Biaya umrah 2022 mulai Rp 28 juta," kata Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (SAPUHI), Syam Resfiadi kepada detikcom, Minggu (9/1/2022).

Syam menjelaskan penetapan harga tersebut belum termasuk harga test PCR dan masa karantina sebelum keberangkatan, kedatangan, hingga kepulangan.

"Hanya termasuk PCR di Saudi, yang di Indonesia paket dari hotel karantinanya. Ini (Rp 28 juta) di luar paket," jelasnya.

Biaya umrah 2022 yang sebesar Rp 28 juta tentu berbeda dengan masa sebelum pandemi COVID-19. Pasalnya ada berbagai aturan yang harus dibatasi kapasitasnya mulai dari bus, hingga kamar hotel sehingga butuh biaya tambahan untuk mengikuti aturan tersebut.

"Sebelumnya sekitar Rp 20 juta umrah normal," imbuhnya.

Sebagai informasi, pemberangkatan dan pemulangan jamaah umrah dilakukan satu pintu melalui Asrama Haji Pondok Gede. Maskapai Lion Air tercatat telah menerbangkan 414 orang yang sudah memenuhi persyaratan sebagaimana ketentuan yang berlaku.

(aid/dna)