Tanah Terakhir di Beverly Hills Akhirnya Terjual, Harganya Nyaris Rp 1 T

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 16:01 WIB
Adhika Bakrie, keponakan kongolomerat Aburizal Bakrie dilaporkan membeli sebuah rumah mewah di lereng bukit di Trousdale Estates. Tak tanggung-tanggung, istana yang beralamat di 514 Chalette Drive, Beverly Hills itu ditebus Adhika dengan harga US$ 28 juta atau setara Rp 406 miliar (kurs Rp 14.500/US$).
Ilustrasi/Foto: Istimewa/Forbes Global Properties
Jakarta -

Mantan CEO Google Eric Schmidt memborong tanah seluas 120 acre atau setara 48 hektare. Bidang tanah itu merupakan sebagian besar dari lahan terakhir di kawasan Beverly Hills yang belum dikembangkan.

Mengutip Daily Mail, Rabu (12/1/2022), kawasan itu bernama Enchanted Hill. Schmidt membeli lahan tersebut dengan harga diskon sebesar US$ 65 juta atau setara Rp 929,5 miliar (kurs Rp 14.300).

Lahan itu sebelumnya dimiliki oleh salah satu pendiri Microsoft Paul Allen. Selama 3 tahun lahan tersebut sudah dipasarkan diharga US$ 150 juta namun tak kunjung terjual.

Schmidt sendiri merupakan CEO Google yang menjabat dari 2001 hingga 2011. Dia lah satu-satunya orang yang selama 3 tahun terakhir berani menawar lahan tersebut.

Enchanted Hill berupa sebidang tanah kosong bertengger di atas punggung bukit. Lahan ini memiliki pemandangan Samudra Pasifik yang indah di sebelah barat dan Cekungan Los Angeles di bawahnya.

"Properti besar yang terletak tepat di atas Beverly Hills adalah yang terakhir dari jenisnya," kata salah satu agen properti, Zach Goldsmith.

Tanah itu pernah menjadi rumah besar yang dirancang oleh Wallace Neff dengan 20 kamar yang dibangun pada tahun 1920-an untuk penulis skenario Frances Marion dan suaminya.

Lihat juga video 'Saat Bos Twitter, Facebook, Google Hadapi Semprotan Senat AS':

[Gambas:Video 20detik]



(das/eds)