Perhatian Ibu-ibu! Pekan Ini Mendag Sebar Minyak Goreng Rp 14.000/Liter

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 19:02 WIB
Warga Tangerang Selatan mengantre panjang demi mendapatkan minyak goreng dengan harga murah. Lewat operasi pasar, minyak goreng dijual Rp 14 ribu per liter.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Pemerintah saat ini sedang menyiapkan kebijakan penyaluran minyak goreng dengan kemasan sederhana. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan akan ada 1,2 miliar liter minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu per liter yang akan disebar ke masyarakat.

Dia mengungkapkan minyak goreng ini dari produsen BUMN dan swasta. "Jadi karena ini jumlahnya masif, kita mesti accountable. Kita masih coba agar tengah minggu ini bisa jalan untuk memulai," kata Lutfi di kawasan kota Tua, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Lutfi menjelaskan jika pemerintah terus memantau proses mulai dari pengemasan hingga penyaluran ke masyarakat. Hal ini untuk memastikan agar minyak goreng itu tidak diekspor.

"Kita nggak mau kan tiba-tiba kemasan sederhananya, dipotong, dikumpulin, kemudian untuk diekspor lagi. kita mau ini untuk rakyat Indonesia," jelas dia.

Dia memastikan minyak goreng dalam kemasan sederhana ini tidak hanya tersedia di ritel-ritel besar, tetapi juga di pasar-pasar rakyat juga tersedia.

"1,2 miliar liter ini akan ada di semua pasar dan semua ritel. Jadi ritel modern dan sederhana dapat 1,2 m liter tersebut dengan kemasan sederhana," tambah dia.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjelaskan pemerintah akan menetapkan harga minyak goreng di tingkat konsumen sebesar Rp 14 ribu per liter.

"Kemudian penyediaan ini disiapkan untuk 6 bulan ke depan dan akan dievaluasi di bulan Mei dan ini dapat diperpanjang," ujar Airlangga.

Airlangga mengungkapkan, volume minyak goreng yang akan digelontorkan dalam program subsidi ini sebanyak 1,2 miliar liter selama enam bulan dengan dana mencapai Rp 3,6 triliun.

"Kemudian juga komite pengarah memutuskan BPDP-KS menyediakan dan melakukan pembayaran Rp3,6 triliun kemudian BPDP-KS juga dapat menunjuk surveyor dan menyetujui perubahan postur anggaran BPDP-KS," jelas dia.



Simak Video "Harga Minyak Goreng di Minimarket Kembali Mahal, Stoknya Masih Langka"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)