700 Kapal Pinisi Dikerahkan saat MotoGP Mandalika, Pengunjung Bisa Pesiar

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 14:10 WIB
Buat yang kangen naik kapal pinisi, sekarang tak perlu jauh-jauh ke Labuan Bajo, kamu bisa berlayar naik kapal pinisi di Kepulauan Seribu!
Ilustrasi Kapal Pinisi/Foto: Antavaya
Jakarta -

Berbagai persiapan terus dilakukan jelang perlombaan MotoGP Mandalika 2022. Salah satunya persiapan terkait akomodasi.

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto menjelaskan, terkait akomodasi diakuinya Lombok masih sangat kurang. Sebab saat ini hanya tersedia 16 ribu akomodasi, jauh jika dibandingkan dengan tiket yang dijual.

"Akan kita tambah sesuai dengan tiket yang kita jual. Karena yang kita jual kurang lebih 63.500 tiket. Sehingga kekurangannya itu kita carikan solusi," tuturnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022).

Salah satu solusi yang dilakukan adalah mendatangkan kapal pinisi yang berasal dari dukungan Kementerian Perhubungan. Total ada 700 kapal pinisi yang akan dikerahkan selama MotoGP Mandalika 2022. "Kalau rata-rata ada 5 kamar, sudah 3.500 kamar," terangnya.

Selain itu pemerintah pusat maupun daerah setempat juga sudah membangun sarana hunian pariwisata (sarhunta) sebanyak 300 homestay. 50 di antaranya sudah mendapatkan sertifikat CHSE.

Selain persiapan akomodasi dilakukan juga penataan keindahan sekitar jalan bypass dari bandara menuju sirkuit Mandalika. Tujuannya agar para tamu yang ingin menyaksikan MotoGP Mandalika 2022 bisa termanjakan pandangannya ketika melewati jalan tersebut.

"Sedangkan di Sirkuit Mandalika sendiri sudah dilaksanakan pembenahan baik di tier satu di paddock area, kemudian tier dua di sirkuit itu sendiri dan tier 3 itu adalah khusus untuk penonton, grand stand. Dari grand stand nanti akan kita tempatkan di sekitar tempat-tempat yang dianggap viewnya bagus untuk penonton," tutupnya.

Simak video 'Jokowi Harap 300 Homestay di Mandalika Terisi Saat Ada MotoGP':

[Gambas:Video 20detik]



(das/fdl)