Sosok Marina Budiman, 'Ratu Data' Indonesia yang Masuk Daftar Orang Terkaya

Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 17 Jan 2022 15:52 WIB
Wanita Terkaya Indonesia Marina Budiman
Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Nama Marina Budiman sempat menjadi perhatian setelah dirinya masuk sebagai salah satu pendatang baru pada daftar orang terkaya versi Forbes 2021. Ia adalah salah satu pendiri PT DCI Indonesia, operator pusat data terbesar di Tanah Air.

Adapun Marina yang menjadi pendatang baru duduk di peringkat ke-30 dengan kekayaan bersih US$ 1,5 miliar atau sekitar 21,45 triliun. Dia berhasil masuk dalam jajaran orang terkaya RI berkat kenaikan saham PT DCI Indonesia Tbk (DCII).

Lalu bagaimana sosok dan perjalanan karir dari "Ratu Data" Indonesia ini?

Melansir dari CNN Indonesia, Marina lahir pada 1961 dan berkewarganegaraan Indonesia. Awalnya, ia ingin menjadi bankir. Sejalan dengan cita-citanya itu, ia mengantongi gelar sarjana di bidang ekonomi dan keuangan dari University of Toronto pada 1985.

Setelah lulus kuliah, Marina kembali ke Indonesia dan mengawali karir sebagai account officer PT Bank Bali. Di sana, ia mengerjakan proyek instalasi piranti lunak di perusahaan.

"Itu adalah pertama kali saya mengetahui bagaimana teknologi membantu bisnis," ujar Marina dalam salah satu wawancaranya dengan Forbes sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Kemudian, ia bergabung dengan PT Sigma Cipta Caraka sebagai project manager pada 1989 hingga 2000. Pada 1994, bersama Otto Sugiri, Marina mendirikan perusahaan penyedia jasa internet pertama di Indonesia, Indonet.

Karir Marina terus menanjak, pada 2000 hingga 2008, ia menjabat sebagai chief financial offficer Sigma. Selanjutnya, ia memegang posisi direktur penjualan dan pengantaran pada 2008 sampai 2010.

Setelah lebih dari dua dekade malang melintang di industri teknologi, Marina makin menyadari pentingnya sektor tersebut. Sementara, pasarnya belum digarap optimal di Indonesia. Kapasitas pusat data di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara tetangga.