Gampang Banget! Ini Syarat Dapat Kredit Usaha Bunga 3%

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 18 Jan 2022 16:25 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pemerintah melanjutkan program kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga 3% tahun ini. Rendahnya bunga ini diharapkan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses pembiayaan dalam pengembangan usaha.

Plafon KUR juga mengalami peningkatan yaitu menjadi Rp 373,17 triliun tahun 2022.

Berikut syarat untuk mengajukan KUR mikro BRI melalui platform kur.bri.co.id:

- Individu (perorangan)
- Punya usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan
- Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misalnya Shopee sampai Tokopedia) atau penyedia ride hailing seperti Gojek atau Grab.
- Calon penerima juga tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan Kartu Kredit.
- Persyaratan administrasi harus dilengkapi seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) dan surat izin usaha yang bisa berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing.

Dari keterangan pemerintah disebutkan KUR terdiri dari beberapa skema antara lain. KUR Super Mikro dengan plafon atau kredit Rp 10 juta per penerima. Ini diprioritaskan untuk ibu rumah tangga atau pekerja yang terkena PHK.

Lalu KUR Mikro plafon Rp 10 juta - RP 50 juta. KUR Mikro ini penerima tidak diwajibkan untuk memberikan agunan tambahan.

Selanjutnya KUR Kecil dengan plafon Rp 50 juta sampai dengan Rp 500 juta. Dalam fase ini usaha mikro didorong untuk mengembangkan usaha dan bertransformasi menjadi usaha kecil menengah.

Kemudian KUR Khusus dengan plafon sampai dengan Rp 500 juta per penerima KUR. KUR khusus ini diberikan kepada penerima KUR yang tergabung dalam suatu kelompok yang memiliki mitra usaha.

KUR penempatan TKI merupakan KUR dengan plafon sampai dengan Rp 25 juta per penerima KUR. Skema ini diberikan dalam rangka pembiayaan penempatan bagi Pekerja migran Indonesia dan peserta magang di luar negeri.



Simak Video "KuTips: Mau Dapat KUR Rp 100 Juta Buat Bisnis? Cek Syaratnya Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)