Mendag Keluarkan Izin Impor Daging-Bawang Putih

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 18 Jan 2022 18:45 WIB
Badan Pusat Statistik mencatat impor daging beku menyumbang defisit pada neraca dagang di bulan April. Pasalnya, impor bahan pangan khususnya daging beku meningkat.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan telah mengeluarkan izin impor untuk sejumlah komoditas pangan. Izin itu untuk impor gula, daging sapi dan bawang putih. Sayangnya, jumlahnya tidak disebutkan secara rinci.

"Saya tidak bisa sebut jumlah karena di internal harga sedang ketat. Misalnya, gula impor izin sudah dikeluarkan dan itu lebih dari cukup. Ini untuk memastikan kalau terjadi kenaikan harga, kita punya stok yang cukup untuk kepentingan nasional," katanya dalam Outlook Perdagangan 2022 secara virtual, Selasa (18/1/2022).

Kemudian, untuk impor daging sapi juga sudah diizinkan. Bahkan sejumlah market sudah siap masuk ke Indonesia. Ia memastikan akhir Januari daging impor tersebut sudah masuk.

"Bahkan beberapa barang (daging sapi) yang sudah dikeluarkan izinnya sudah sampai di pelabuhan Indonesia minggu depan atau minggu terakhir di bulan Januari," ucapnya.

Lalu, untuk bawang putih. Lutfi mengungkap Indonesia memang 95% bawang putih itu impor. Untuk impor bawang putih tahun ini disebut tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun lalu Menteri Pertanian mengeluarkan izin impor 864 ribu ton (bawang putih) yang kita keluarkan dari Kementerian Perdagangan 600 ribu ton, realisasinya tidak lebih 475 ribu ton. Memang kita biasa impor bawang putih 500 ribu, sesuai dengan apa yang kita jalanya tahun per tahunnya," tutupnya.

(fdl/fdl)